Partisipasi Pemilih Pilkada Sultra Lampaui Target Nasional

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 23 Desember 2020
0 dilihat
Partisipasi Pemilih Pilkada Sultra Lampaui Target Nasional
Ilustrasi Pilkada 2020. Foto: Repro Fajar.co.id

" Iya, partisipasi pemilih di Pilkada serentak di tujuh kabupaten melampaui target rata-rata nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen. Di Kabupaten Konawe Utara (Konut), angka partisipasi pemilih di Pilkada 2020 mencapai 92,96 persen. Ini daerah tertinggi partisipasinya di Sultra. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menyampaikan, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 melampaui target nasional.

"Iya, partisipasi pemilih di Pilkada serentak di tujuh kabupaten melampaui target rata-rata nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen. Di Kabupaten Konawe Utara (Konut), angka partisipasi pemilih di Pilkada 2020 mencapai 92,96 persen. Ini daerah tertinggi partisipasinya di Sultra," kata Ketua KPU Sulawesi Tenggara, La Ode Abdul Natsir Muthalib, Rabu, (23/12/2020).

Kemudian disusul Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dengan angka 91,92 persen.

Lalu Buton Utara (Butur) 90,65 persen, Kolaka Timur (Koltim) 85,34 persen, Konawe Selatan (Konsel) 83,57 persen, Wakatobi 82,35 persen, dan Muna 82,25 persen.

Ia menyampaikan sejumlah faktor sangat berpengaruh terhadap meningkatnya partisipasi masyarakat di Pilkada 2020, meskipun pelaksanaannya di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Hanura: Pilkada Bukan Soal Menang Kalah, Semangat Kader jadi Prioritas

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berusaha agar pemilih datang ke TPS sehat dan selamat ketika menyalurkan hak pilihnya. Menurut dia, hal itu menjadi salah satu faktor tingginya partisipasi pemilih.

"Alhamdulillah, tidak ada laporan klaster baru dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Penyelenggara telah melaksanakan Pilkada sesuai protokol kesehatan COVID-19. Semua tahapannya, wajib melaksanakan prokes," ujar pria yang akrab disapa Ojo itu.

Kata Ojo, partisipasi pemilih merupakan indikator penting dalam mengukur kualitas dan keberhasilan pesta demokrasi sebuah negara.

"Capaian yang kita raih menandakan proses tumbuhkembangnya demokrasi kita yang semakin membaik," katanya.

Ojo menyampaikan, angka partisipasi yang diperoleh di Pilkada 2020 sangat tinggi, bahkan yang tertinggi dari tiga kali gelaran Pilkada sebelumnya di tahun 2015, 2017, dan 2018 lalu. (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga