Pasar Murah di Kolaka Utara Diserbu Warga dan ASN

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Pasar Murah di Kolaka Utara Diserbu Warga dan ASN
Puluhan warga berdesakan untuk mendapatkan kebutuhan pokok yang disiapkan Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Utara saat pasar murah. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Gerakan pangan murah digelar hanya satu hari dengan menyiapkan 6 kebutuhan pokok bagi masyarakat di bawah harga pasaran "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Tiga hari jelang hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menggelar kegiatan gerakan pangan murah atau pasar murah di bundaran Sua Windu, Kecamatan Lasusua.

Menurut Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, kegiatan pangan murah digelar serentak secara nasional di kurang lebih 314 titik pada 300 kabupaten/kota dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang hari Raya Idul Adha 1444 Hijiriah 2023.

"Walaupun kita di Kolaka Utara kegiatan pangan murah atau biasa disebut pasar murah ini sudah sering diadakan," terangnya, Senin (26/6/2023).

Beberapa waktu lalu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bekerja sama dengan Kadin Sulawesi Tenggara melakukan pasar murah selama lima hari. Sebelumnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kolaka Utara juga intens melaksanakan pasar murah di beberapa titik.

"Mudah-mudahan gerakan pasar murah jelang Idul Adha kali ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kolaka Utara," harapnya.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah di Wakatobi Hanya Siapkan 3 Jenis Bahan Pokok

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Utara, Ibnu Yasin menuturkan, gerakan pangan murah digelar hanya satu hari dengan menyiapkan 6 kebutuhan pokok bagi masyarakat di bawah harga pasaran.

"Kebutuhan pokok yang disiapkan yakni beras 2 ton, minyak goreng 200 liter, gula pasir 200 kilogram, telur 100 rak, bawang putih dan bawang merah masing-masing 100 kilogram," urainya.

Kata dia, beras dua ton tersebut dikemas dengan berat 5 kilogram, minyak 2 liter, gula 1 liter, bawang dan putih masing-masing 1 kilometer sementara telur 1 rak.

"Beras dibandrol seharga Rp 45.000 per 5 kg, telur Rp 53.000 per rak, minyak goreng Rp 13.000 per liter, gula pasir Rp 13.000 per liter, bawang putih Rp 33.000 per kg dan bawang merah Rp 35.000 per kg," rincinya.

Pantauan Telisik.id, pasar murah yang digelar di pelataran kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka Utara diserbu warga dan Aparatur Sipil Negera (ASN), membeli kebutuhan pokok jelang hari Raya Idul Adha.

Komoditas yang paling diburu warga dan ASN adalah telur, minyak goreng, dan beras. Sementara bawang merah dan bawang putih tidak terlalu diminati. Bahkan, kurang dari sejam, beras, minyak, dan telur yang disiapkan panitia habis diserbu warga.

Salah seorang warga Desa Ponggiha, Sumiati mengungkapkan, dirinya rela berdesak-desakan hanya untuk mendapatkan satu rak telur, 2 liter minyak goreng dan bawang merah dan bawang putih karena harga jualnya lebih murah dibanding harga di Pasar Lacaria Lasusua.

Baca Juga: Pemda Konawe Gelar Pasar Murah Jelang Idul Adha

"Harganya murah makanya kita kesini. Itupun hanya dapat minyak, telur, gula pasir, bawang putih, dan merah. Beras sudah habis," katanya.

Senada, Wildasari yang juga warga Desa Ponggiha mengatakan, selain murah, kualitas barang yang dijual juga bagus.

"Kualitas barang murah dan bagus seperti minyak gorengnya, makanya beli di sini meski berdesakan. Apalagi mau lebaran," ujarnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga