Pasar Wayong Belum Punya Tempat Pembuangan Sampah Sementara

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 27 Januari 2021
0 dilihat
Pasar Wayong Belum Punya Tempat Pembuangan Sampah Sementara
Tumpukan sampah di Pasar Wayong. Foto: Musdar/Telisik

" Sudah dua hari tertumpuk. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar Wayong Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, belum memiliki Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah.

Akibatnya, sampah pedagang tidak tertumpuk dengan baik. Selain itu, dari pantauan Telisik.id, tempat sampah yang diresmikan oleh Wali Kota Adriatma Dwi Putra (ADP) sudah menumpuk, sebab belum terlayani oleh armada pengangkut sampah.

Pedagang pasar Wayong, Festy mengatakan berdasarkan informasi yang didengarnya bahwa kepala pasar Wayong akan segera membuatkan TPS.

“Dia bilang direktur pasar mau dibuatkan TPS, tapi belum tau kapan,” katanya saat ditemui Telisik.id, Rabu (27/1/20201).

Selama belum ada TPS, para pedagang membuang sampah di halaman pasar yang tidak jauh dari pintu masuk pasar. Sayang, sampah yang dibuang itu sudah beberapa hari belum terangkut.

“Sudah dua hari tertumpuk,” ungkapnya.

Baca juga: Dikritik Dewan, Sulkarnain Nilai Kali Kadia Tak Meluap Meski Dinormalisasi

Senada dengan itu, Manajer Operasional PD Pasar Kendari, Evan saat dikonfirmasi mengatakan pengadaan TPS memang sengaja belum dilakukan, karena dikhawatirkan jika itu TPS segera direalisasikan pengadaannya akan memancing masyarakat sekitar untuk ikut membuang di TPS itu.

“Jadi sistem pengangkutan sampah pasar Wayong sekarang yaitu sampah pedagang dikemas untuk memudahkan pengangkutan sampah,” jelasnya.

Saat ini, kata Evan, belum ada perencanaan kapan pembuatan TPS dilakukan, sebab hasil koordinasinya bersama Kadis DLHK Kendari, pembuatan bak sampah tidak perlu dilakukan. Namun jika nantinya sampah mulai signifikan jumlahnya, bak kontainer akan disimpan di pasar Wayong.

Sementara itu, untuk sampah yang disimpan di halaman pasar pengangkatannya, lanjut Evan, sudah dikoordinasikan kepada DLHK Kota Kendari.

“Pagi hari, pengangkutan pertama,” tutup pria berkulit putih ini. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga