Peresmian Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional, Ali Mazi: ini Investasi Jangka Panjang

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 02 September 2023
0 dilihat
Peresmian Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional, Ali Mazi: ini Investasi Jangka Panjang
Ali Mazi menandatangani prasasti peresmian gedung Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Peresmian gedung Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional ini juga dihadiri oleh kepala darerah dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Suara sirine mobil polisi bebunyi, rombongan mobil dan motor mengekor di belakang mobil polisi tersebut. Tampak di antara rombongan, mobil Toyota Alphard bernomor polisi DT 1 melaju membawa orang nomor 1 di Sulawesi Tenggara.

Rombongan kendaraan tersebut merupakan rombongan dari Gubernur Sulawesi Tenggara dan para pejabat pemerintah yang sedang melakukan konvoi dalam rangka peresmian megaproyek Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) selama masa pemerintahannya yakni Jalan Wisata Kendari-Toronipa, RS Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo serta Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional.

Rangakaian kegiatan ini bermula sejak pukul 08.30 Wita di Jalan Poros Kendari-Toronipa dan berakhir di Perpustakaan Modern. Dalam pantauan Telisik.id, gubernur dan rombongan memasuki area Perpustakaan Modern sekitar pukul 10.00 Wita, setelah sebelumnya meresmikan RS Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo. 

Saat memasuki area peresmian perpustakaan, Ali Mazi dan Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, disambut dengan Tari Mangaru khas Buton. Ali Mazi kemudian dikalungkan karangan bunga lalu diarahkan menuju tempat duduk yang disediakan.

Acara bermula dengan berbagai sambutan, dimulai dari sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara, Nur Saleh, hingga Ali Mazi yang kemudian melakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

Baca Juga: Rombongan Gubernur Ali Mazi Disambut Baliho Tumbang saat Hendak Resmikan Gedung Perpustakaan

Dalam sambutannya, Nur Saleh mengapresiasi kinerja Ali Mazi dalam usaha peningkatan literasi masyarakat Sulawesi Tenggara. Ia juga menambahkan bahwa sejak dibuka untuk umum tahun 2022 lalu, dalam seharinya perpustakaan ini dikunjungi oleh 300-400 masyarakat Kota Kendari, maupun luar daerah dengan total 30.000 pengunjung per Agustus 2023.

Sementara itu, Ali Mazi dalam sambutannya bercerita mengenai hal yang menginspirasinya membangun perpustakaan ini. Dirinya bercerita saat kunjunganya di Boston University dan Harvard University di Amerika Serikat, ia melihat budaya literasi para mahasiswanya yang sangat mencintai buku. Hal ini menjadi landasan kemajuan bangsa mereka, karena hal tersebut, dirinya kemudian terinspirasi untuk membangun Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional.

Lebih lanjut, Ali Mazi juga bercerita bahwa pembangunan gedung ini memakan biaya yang tidak sedikit dan bukanlah pembangunan yang menghasilkan profit. Tapi menurutnya pembangunan gedung ini adalah investasi jangka panjang untuk masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Meskipun membangun perpustakaan manfaatnya tidak segera terlihat, tetapi perpustakaan ini memiliki dampak sosial, pendidikan, budaya dan ekonomi yang luas," jelasnya.

Peresmian gedung Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional ini juga dihadiri oleh kepala darerah dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara, di antaranya Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dan Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis.

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis setelah melakukan kunjungan ke dalam perpustakaan, kepada Telisik.id bercerita, bahwasanya ini merupakan kali pertamanya mengunjungi perpustakaan megah ini.

Baca Juga: Begini Kondisi Megaproyek Ali Mazi Sebelum Diresmikan

Abdul Azis turut mengapresiasi kinerja Ali Mazi melalui perpustakaan ini. Menurutnya, perpustakaan ini sangat nyaman untuk dikunjungi, fasilitas sarana dan prasarana yang ada juga cukup lengkap yang menambah kenyamanan perpustakaan ini. Dirinya juga tidak menyangkal bahwa akan mengunjungi perpustakaan ini lagi di lain kesempatan.

Di sisi lain, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional, Adin Bondar berharap ke depannya koleksi buku yang ada di perpustakaan ini semakin banyak dan beragam serta banyak menghadirkan buku-buku terkait sejarah dan kebudayaan Sulawesi Tenggara yang dapat dinikmati berbagai kalangan.

Tepat pukul 12.00, rombongan Gubernur meninggalkan areal perpustakaan dan bertolak ke rumah jabatan (rujab) gubernur sebelum nanti malam akan menghadiri ekspose 5 tahun masa kepemimpinannya di eks MTQ Kendari. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga