Paslon Gubernur Sultra Klaim Nomor Urut Masing-Masing Punya Makna Filosofi

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 24 September 2024
0 dilihat
Paslon Gubernur Sultra Klaim Nomor Urut Masing-Masing Punya Makna Filosofi
Empat pasangan calon Gubernur Sulawesi Tenggara saat mengikuti pengundian dan penetapan nomor urut menuju Pilgub 2024. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Usai penetapan dan pengundian nomor urut ditetapkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, masing-masing paslon menyampaikan sambutan dan makna nomor urut masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara telah menetapkan nomor urut pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Hal itu berdasarkan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara di Hotel Claro Kendari, Senin (23/9/2024) malam.

Adapun daftar paslon berdasarkan nomor urut yakini nomor urut satu Ruksamin-Syafei Kahar, nomor urut dua Andi Sumangerukka-Hugua, nomor urut tiga Lukman Abunawas-La Ode Ida, dan nomor urut empat Tina Nur Alam-LM Ihsan Taufik Ridwan.

Usai penetapan dan pengundian nomor urut ditetapkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, masing-masing paslon menyampaikan sambutan dan makna nomor urut masing-masing.

Paslon Ruksamin dan Syafei Kahar menyampaikan makna yang terkandung dalam nomor urut satu merupakan pertanda alam bahwa gubernur hanya satu dan meyakini kemenangan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama dan Nomor Urut Calon Gubernur Sulawesi Tenggara dan Calon Kepala Daerah 17 Kabupaten/Kota

"Saya bersyukur dikasi nomor urut satu, itu pertanda alam, kita dikasi urut nomor satu itu bahwa kita satu niat kita satu tujuan, satu Sulawesi Tenggara, satu nusa satu bangsa, satu keyakinan dan hanya satu gubernur Ruksamin dan Syafei Kahar," kata Ruksamin.

Sementara paslon Andi Sumangerukka-Hugua mengatakan, nomor urut dua akan menjadi energi baru untuk meraih kemenangan dan memimpin Sulawesi Tenggara.

"Bagi saya (Andi Sumangrukka) dan Hugua, nomor dua itu adalah nomornya Pak Prabowo (presiden terpilih) sudah sesuai dengan pilihan Pak Prabowo," ungkapnya.

Selanjutnya, Paslon Lukman Abunawas dan La Ode Ida menyampaikan, nomor urut tiga memiliki makna tiga pilar kekuatan.

Baca Juga: KPU Tetapkan Nomor Urut Tiga Paslon Bupati - Wakil Bupati Kolaka Utara Pilkada 2024

"Tiga kesatuan yang harus dipupuk, agama, adat dan pemerintah. Pemerintah yang bagus, lembaga adat yang bagus dan agama yang bagus, kita harus bersatu dan menjaga kedamaian," ucap Lukman.

Dan paslon Tina Nur Alam dan LM Ihsan Taufik Ridwan menyampaikan optimisnya sebagai seorang perempuan yang memiliki kepekaan sehingga sangat dibutuhkan untuk membangun Sulawesi Tenggara.

"Sulawesi Tenggara harus dipimpin oleh orang-orang yang memiliki kepekaan layaknya kepekaan seorang ibu, bahwa kesejahteraan dan kemajuan masyarakat adalah prioritas utama," ujar Tina. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga