Pawai Budaya Menggelora di HUT ke-20 Konawe Selatan, Masyarakat Tumpah ke Jalan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Minggu, 07 Mei 2023
0 dilihat
Pawai Budaya Menggelora di HUT ke-20 Konawe Selatan, Masyarakat Tumpah ke Jalan
HUT ke-20 Kabupaten Konawe Selatan tahun 2023 ini dikemas begitu meriah. Pawai budaya membuat masyarakat dari berbagai penjuru mendatangi ibu kota kabupaten. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Warga Kabupaten Konawe Selatan tumpah ruah di Jalan Ibu Kota, Andoolo. Ribuan masyarakat itu menyaksikan sekitar 65 peserta pawai budaya dalam rangka memperingati HUT ke-20 Konawe Selatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Warga Kabupaten Konawe Selatan tumpah ruah di Jalan Ibu Kota, Andoolo. Ribuan masyarakat itu menyaksikan sekitar 65 peserta pawai budaya dalam rangka memperingati HUT ke-20 Konawe Selatan.

Berbagai penampilan dari suku/etnis yang mendiami Konawe Selatan, turut ditampilkan tidak hanya dari satuan OPD tetapi juga ormas dan kebudayaan. Semisal kebudayaan reog Ponorogo, Umoara (tarian khas suku Tolaki) dan dari etnis Bali.

Salah satu peserta pawai budaya asal Kecamatan Lalembuu melalui Camat, Nana Diana menyebutkan, untuk pawai budaya itu pihaknya tidak terlalu lama mempersiapkannya. Sejatinya banyak yang ingin ditampilkan namun karena ketersedian waktu maka hanya sebahagian saja.

Baca Juga: Stand Pameran, Pawai Budaya Hingga Artis Ibu Kota Siap Guncang Konawe Selatan

Menariknya, Camat Lalembuu ini di sela-sela jalan, menyawer sejumlah uang kepada barisan pawai budayanya.

"Tidak banyak, hanya sebagai bentuk rasa syukur, kita masih diberi kesempatan untuk merayakan HUT Konawe Selatan. Sudah lamami kita vakum," katanya.

Sementara itu, Wayan Susi, salah seorang warga yang ditemui tengah melihat pawai budaya tersebut mengaku, kagum melihat berbagai penampilan budaya dan pakaian adat yang ditampilkan. Dengan membawa anaknya, ibu asal Kecamatan Buke itu menyebutkan Kecamatan Angaata adalah barisan pawai budaya favoritnya. Terutama menampilkan adat dari etnis Bali.

Baca Juga: Sistem Buka Tutup, Kendaraan Roda 10 Dilarang Melintas di Jalur Longsor Konawe Selatan

"Semua pada bagus-bagus, tapi ada yang lebih menarik," ujar wanita 40 tahun ini.

Dengan menggunakan sepeda motor,  Ibu Wayan Susi sengaja khusus untuk datang menonton pertunjukan pawai budaya, karena menurutnya itu hiburan, mengingat sudah sekian lama tida ada event seperti itu.

"Sering-sering aja ada hiburan begini," ujarnya. (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga