Nikel Melimpah, Konut Bersiap Bangun Kawasan Industri

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 11 Maret 2021
0 dilihat
Nikel Melimpah, Konut Bersiap Bangun Kawasan Industri
Bupati Konut, Ruksamin. Foto: Kardin/Telisik

" Pemda Konut, kata dia, sangat mendukung rencana usulan tersebut, terlebih lagi cadangan nikel yang ada di Konut sangat besar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) memfasilitasi pertemuan para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) terkait rencana pembangunan kawasan industri dan pembangunan smelter.

Itu dilakukan karena Konut dengan stok nikel melimpah, menargetkan menjadi wilayah proyek strategis nasional (PSN) daerah pengembangan kawasan industri pertambangan.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, pihaknya memfasilitasi pertemuan dengan para pemilik IUP guna membahas rencana usulan pembagunan smelter dan kawasan industri di Bumi Oheo.

"Pertemuan hari ini kita menfasilitasi, ada usulan suatu perusahaan yang akan membuka kawasan industri, yang di dalam usulannya tersebut itu ada beberapa yang menyangkut IUP mereka," ucapnya usai menggelar pertemuan di Kota Kendari, Rabu (10/3/2021) malam.

Pemda Konut, kata dia, sangat mendukung rencana usulan tersebut, terlebih lagi cadangan nikel yang ada di Konut sangat besar.

Baca Juga: Soal Keterlambatan Latsar, Ini Tanggapan BKD Konawe Utara

"Pemda melalui RPJMD-nya, melalui RTRW-nya itu sudah jelas dan harus kita tindak lanjuti, apalagi 47 persen nikel ada di Konawe Utara. Masa kita ada nikel, baru tidak ada smelter," jelasanya.

Lebih jelasnya, kata Ruksamin, pihaknya menyambut baik usulan tersebut mengingat RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) di Konut yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo sangat mendukung.

"RTRW kita mendukung, yang kedua RTRW provinsi dan RPJMN yang baru ditandatangani Bapak Presiden di Bab III, di situ dalam peta dinyatakan dua kawasan industri yang akan dibangun di Konawe Utara, makanya ini kita jemput bola," tutupnya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga