PBB dan PKB Siap Pertahankan Kursi DPRD di Pemilu 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
PBB dan PKB Siap Pertahankan Kursi DPRD di Pemilu 2024
Ketua DPC PBB Kolaka Utara, Ashar dan Ketua DPC PKB Kolaka Utara, Abbas memberikan keterangan pers usai mendaftarkan calegnya di kantor KPU. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pengurus DPC PBB dan PKB siap mempertahankan perolehan kursi DPRD Kolaka Utara pada Pemilu 2024 mendatang "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pengurus DPC PBB dan PKB siap mempertahankan perolehan kursi DPRD Kolaka Utara pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua DPC PKB Kolaka Utara, Abbas mengungkapkan, dirinya bersama pengurus, bakal calon legislatif (bacaleg), serta simpatisan siap mempertahankan perolehan kursi yang telah diraih saat ini, yakni 5 kursi.

"Kami tetap berupaya menaikkan perolehan kursi pada Pileg 2024 nanti," terangnya, Sabtu (13/5/2023) usai mengajukan daftar bacaleg Kolaka Utara 2024 di kantor KPU.

Baca Juga: Pesan Ruksamin ke Bacaleg: Saya Tidak Mau Lagi Dengar Masyarakat Teriak Soal Infrastruktur

Lebih lanjut, Mantan Wakil Bupati Kolaka Utara priode 2017-2022 itu menyatakan, fokus pada pemilihan legislatif karena perolehan kursi parlemen jadi tolak ukur untuk mengusung kader sendiri maju sebagai calon Bupati Kolaka Utara 2024 mendatang.

"Kalau misalnya kami dapat meraih 5 kursi itu berarti kita sudah mencapai 25 persen dari jumlah anggota legislatif. Berarti kita dapat mengusung calon bupati sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, siapapun kader PKB berhak menjadi calon bupati Kolaka Utara, tidak mesti ketua partai.

"Kalau DPC PKB mampu meraih kursi maksimal, maka kita akan mengusung kader putra-putri terbaik Kolaka Utara dan tidak mesti ketua partai, siapapun yang berpotensi," tukasnya.

Terpisah, Ketua DPC PBB Kolaka Utara, Ashar menuturkan, saat ini PBB Kolaka Utara sudah memiliki modal 3 kursi untuk dipertahankan.

"Kita sudah punya modal 3 kursi, kami berharap 2024 nanti bertambah 2 kursi. Kalaupun tidak bisa kita pertahankan saja perolehan kursi yang sudah ada," bebernya.

Meski demikian, ketua DPC partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu optimis mendapat tambahan kursi, mengingat komposisi caleg mereka diisi kaum milenial yang energik.

Baca Juga: Ketua PBB Sumatera Utara Akui Masalah Duit Penyebab Kader Tak Dapat Kursi Legislatif

Diketahui, Kabupaten Kolaka Utara pada Pileg 2024 mendatang terbagi menjadi III daerah pemilihan (dapil) yakni dapil I meliputi Kecamatan Katoi, Lasusua, Lambai, Ranteangin, dan Wawo sebanyak 10 kursi.

Dapil II terdiri Kecamatan Kodeoha, Tiwu, Ngapa, dan Watunohu sebanyak 7 kursi. Sementara dapil III meliputi Kecamatan Pakue, Pakue Tengah, Pakue Utara, Batu Putih, Porehu, Tolala mendapat jatah kursi 8.

Ratusan bacaleg bakal berupaya meraih simpati masyarakat Kolaka Utara untuk mengisi 25 kursi di DPRD Kabupaten Kolaka Utara priode 2024-2029. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga