Pejabat Diharap jadi Bapak Asuh Anak Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 18 Desember 2023
0 dilihat
Pejabat Diharap jadi Bapak Asuh Anak Stunting
BKKBN Sulawesi Tenggara bersama BPKP membahas stunting. Foto: Ist.

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, kembali memperkuat langkah-langkah pencegahan stunting dengan menginisiasi program Bapak Asuh Anak Stunting "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, kembali memperkuat langkah-langkah pencegahan stunting dengan menginisiasi program Bapak Asuh Anak Stunting.

Program ini dirancang untuk memberikan dukungan intensif kepada anak-anak yang teridentifikasi mengalami stunting, dengan melibatkan para Bapak Asuh sebagai mitra dalam upaya penanganan stunting.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong para pejabat untuk terlibat aktif menjadi Bapak Asuh Anak Stunting. Menurut Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, setiap orang yang menjadi bapak asuh ini mereka akan memberikan bantuan makanan seperti telur kepada anak yang berpotensi stunting.

Baca Juga: Bapak Asuh Anak Stunting Wujud Nyata Penanganan di Sulawesi Tenggara

“Jadi setidaknya, setiap bulan bapak asuh anak stunting ini memberikan bantuan dua rak telur dalam sebulan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

BKKBN Sulawesi Tenggara bersama BPKP membahas stunting. Foto: Ist.

 

Olehnya itu kata dia, program Bapak Asuh Anak Stunting telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu anak-anak yang terdeteksi mengalami stunting untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Asmar menegaskan, kekurangan gizi seringkali menjadi faktor utama terjadinya stunting pada anak, baik selama masa kehamilan maupun setelah kelahiran. Dengan implementasi program ini, BKKBN Sulawesi Tenggara berupaya aktif untuk menanggulangi masalah tersebut dengan memberikan dukungan menyeluruh kepada anak-anak yang berisiko stunting.

“Kalau di Sulawesi Tenggara ini ada beberapa yang sudah bersedia jadi ayah asuh untuk anak stunting, di antaranya Komandan Korem, bupati, wakil bupati. Jadi ini program nasional yang diteruskan hingga ke daerah,” ujar Asmar.

Baca Juga: Empat Skenario Bantuan Pemenuhan Makanan Cegah Stunting

Sebelumnya, Kepala BKKBN DR (H.C) dr Hasto Wardoyo, SpOG (K) mengatakan, program Bapak Asuh Anak Stunting signifikan menurunkan kasus stunting.

“Pengalaman beberapa daerah memang Bapak Asuh Anak Stunting signifikan menurunkan kasus stunting. Ini menunjukan bahwa yang paling penting bagaimana asupan makan bergizi sampai ke mulut ibu hamil dan bayi. Seperti Karawang banyak sekali bapak asuhnya kalau kita liat datanya, kalau kita cuplik ini turun paling banyak, di Sumatera Selatan banyak bapak asuhnya juga turun signifikan kasus stuntingnya," kata Hasto, dikutip dari bkkbn.go.id. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga