Pelajar SMP Taklukan Kendari dengan Jalan Kaki 40 Km

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 23 Agustus 2022
0 dilihat
Pelajar SMP Taklukan Kendari dengan Jalan Kaki 40 Km
Sejumlah siswa SMPIT Insantama Kendari berjuang menempuh jalan 40 km. Foto: Ist.

" Puluhan siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Insantama Kendari menaklukan Kota Kendari dengan berjalan kaki hingga 40 km "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Insantama Kendari menaklukan Kota Kendari dengan berjalan kaki hingga 40 km, Selasa (23/8/2022).

Kegiatan yang diikuti 37 siswa dan 12 guru SMPIT Insantama Kendari ini adalah kegiatan Leadership and Management Training (LMT) 2 yang keempat. Dimana program sekolah ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

Perjalanan 40 km ini melalui sejumlah jalan Kota Kendari. Dimana rutenya dimulai dari Jalan Bahteramas - Jalan Orinungggu - Jalan Halu Oleo - Jalan KM 40/Boulevard - Jalan Jend. A Yani - Jalan Saranani - Jalan Samratulangi - Jalan Mayjen Sutoyo - Jalan Dr. Moh Hatta - Jembatan Teluk Kendari.

Kemudian lanjut ke Jalan WR Soepratman - Jalan Banawula Sinapoy - Jalan Bunggasi - Jalan Martandu dan finish di SIT Insantama Kendari.

Kepala SMPIT Insantama Kendari, Dwi Putri Ayu Risky A.L., S.S mengatakan, kegiatan berupa latihan kepemimpinan ini untuk melepaskan rantai gajah dalam diri siswa agar dapat meraih cita-cita dan mewujudkan mimpi besar.

Baca Juga: 2023, KLHK Beri Penghargaan Kepala Daerah yang Support Sekolah Raih Adiwiyata

Selain itu, untuk membentuk karakter pemimpin yang visioner, disiplin, tangguh dan kuat dalam ukhuwah serta solidaritas tim.

"Kami mengharapkan kegiatan ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi siswa, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita yakin dan bersungguh-sungguh untuk meraih apa yang dicita-citakan dalam balutan ukhuwah Islam," katanya.

Sejumlah siswa SMPIT Insantama Kendari berjuang menempuh jalan 40 km. Foto: Ist.

 

Sementara itu, Leni Kusniawati, S.Pd.I selaku Deputi Dirlak SIT Insantama Kendari mengungkapkan, dengan berjalan kaki maka siswa dapat melatih jiwa kepemimpinan dalam rangka membentuk kedisiplinan dalam diri, sebagaimana kredo SMPIT Insantama yakni Sekolah Calon Pemimpin.

Termasuk juga menguatkan ukhuwah dan kebersamaan serta meningkatkan soliditas dalam kelompok.

"Alhamdulillah, orang tua siswa mendukung kegiatan ini dengan mengizinkan anak-anaknya. Bahkan mereka mendukung kegiatan secara moril dan materiil, serta mendoakan kelancaran agenda ini," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengapresiasi apa yang menjadi program SMPIT Insantama ini.

Baca Juga: Yaudu Salam Ajo: Mudah-mudahan Masyarakat Masih Mencintai PKS

Sebab menurutnya, anak-anak selang memang tidak hanya dibutuhkan kecerdasan intelektual saja namun juga membutuhkan pembinaan karakter dan sosial.

Dengan berjalan kaki yang cukup jauh ini secara tidak langsung melatih kesabaran, keteguhan serta keikhlasan dalam melakukan perjuangan untuk mencapai tujuan.

"Kegiatan berjalan kaki ini bagus untuk meningkatkan karakter anak-anak, selama tidak menanggung pengguna jalan lainnya," ujarnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga