Pembangunan Gedung Baru Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Terlambat Kena Denda, Ini Penyebabnya

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Pembangunan Gedung Baru Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Terlambat Kena Denda, Ini Penyebabnya
Pembangunan gedung baru kantor Gubernur Sulawesi Tenggara mengalami keterlambatan, kena denda dari Menteri Keuangan Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pembangunan gedung baru kantor Gubernur Sulawesi Tenggara mengalami keterlambatan hingga kena denda dari Menteri Keuangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan gedung baru kantor Gubernur Sulawesi Tenggara mengalami keterlambatan hingga kena denda dari Menteri Keuangan.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggata, Martin Efendi Patulak, membeberkan alasan keterlambatan pembangunan gedung baru Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

Martin mengaku untuk pembangunan dari segi struktur konstruksi lantai 6-8 mengalami kendala serta keterlambatan dalam proses pengerjaannya, sebab adanya kelangkaan semen di Kota Kendari pada Desember 2023 lalu.

Sehingga pengecoran untuk 6-8 lantai tersebut mengalami keterlambatan, olehnya itu Pemerinta Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan perpanjangan 50 hari dengan denda sesuai dengan aturan dari Kementerian Keuangan.

"Dendanya itu per harinya satu per seribu dari sisa kontrak yang tidak dilaksanakan," jelasnya.

Baca Juga: Kejati Sulawesi Tenggara Didesak Panggil Kontraktor dan Kadinkes Muna Barat Soal Pembangunan Gedung Kesehatan

Sementara untuk pembangunan gedung baru dari segi konstruksi bangunan telah mencapai sekitar 85 persen pengerjaannya.

"Tahun ini (2024) sisa tahapan finishing, jadi bulan Februari kita sudah lelang untuk finishingnya dengan anggaran Rp 20 miliar. Jadi anggaran ini untuk 3 lantai dari 8 lantai yang dikerjakan," ucapnya, Senin (15/1/2024).

Sebelumnya, Martin menjelaskan, akan merampungkan semua lantai dari segi struktur konstruksi dan akan fungsikan beberapa lantai, sedangkan sisanya ditargetkan rampung secara keseluruhan pada tahun 2025.

Baca Juga: Warga Tolak Pembangunan Gedung Baru RS Permata Bunda Kendari, Tembok Rumah Rusak dan Lantai Retak

"Gedung baru ini diusung dengan fasilitas modern. Harapannya agar bisa memberikan kenyamanan serta efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja pegawai khususnya pada lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara," tutupnya.

Untuk diketahui, pembangunan gedung baru kantor Gubernur Sulawesi Tenggara ini telah memasuki tahap kedua dengan anggaran sebesar Rp 121 miliar, sedangkan tahap satu menganggarkan pembagunan sebesar Rp 27 miliar.

Pembangunan gedung tersebut semula direncanakan setinggi 112,6 meter dengan 23 lantai, tetapi untuk efektivitas, maka pembangunan hanya sampai delapan lantai. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga