Pemda Kolaka Timur Salurkan 29 V-Sat untuk Perkuat Akses Internet

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Salurkan 29 V-Sat untuk Perkuat Akses Internet
Pemda Kolaka Timur salurkan bantuan 29 V-Sat untuk perkuat akses internet. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur salurkan bantuan 29 V-Sat atau penguat jaringan akses internet kepada desa, sekolah, dan UMKM "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur salurkan bantuan 29 V-Sat atau penguat jaringan akses internet kepada desa, sekolah, dan UMKM.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kolaka Timur, Nyoman Abdi mengatakan, bantuan itu merupakan dari Bakti Kementerian Komunikasi.

Lanjut Nyoman Abdi, bantuan 29 akses Internet ini terbagi menjadi 11 desa, 16 sekolah, dan 1 UMKM Kuliner, dan 1 kelompok kreatif masyarakat di Kolaka Timur.

Adapun rinciannya, untuk Kecamatan Ueesi 9 titik, Kecamatan Uluiwoi 6 titik, Kecamatan Mowewe 1 titik, Kecamatan Ladongi 1 titik, Kecamatan Dangia 6 titik, Kecamatan Poli-Polia 2 titik, Kecamatan Aere 3 titik dan Kecamatan Lambandia 1 titik.

Baca Juga: Gua Soronga Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya di Kolaka Timur

Nyoman Abdi membeberkan untuk usulan pada tahun 2023 yang sudah masuk di sistem Aplikasi Bakti Kominfo itu melebihi 29 titik.

"Tetapi penyaluran bantuan bakti ini memang secara bertahap," jelasnya.

Ia berharap untuk seluruh usulan yang telah masuk di Aplikasi Bakti dapat tersalurkan pada tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat dan masif, membawa menuju era digital, mobile dan dunia maya yang hampir-hampir tidak mengenal batasan ruang dan waktu.

Lanjut Azis menjelaskan, transformasi digital merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari, siap atau tidak, semua harus turut menyongsong transformasi digital dengan baik agar dapat bertahan dan menghadapi persaingan global.

"Internet telah mengubah cara kita hidup dan berinteraksi, dalam era digital ini, internet memainkan peran yang krusial dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, bisnis, hiburan dan komunikasi," bebernya.

Baca Juga: Polres Kolaka Timur Dalami 80 Jeriken Pertalite Bersubsidi yang Terbakar

Azis mengungkap, program akses internet gratis Bakti Kominfo bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki akses internet untuk terhubung dengan dunia digital.

Lanjut Azis, dengan kontur wilayah Kolaka Timur yang berbukit-bukit menjadikan beberapa wilayah tidak terjangkau dengan jaringan telekomunikasi dan akses internet.

"Program ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kolaka Timur dalam menjangkau wilayah-wilayah yang susah mendapatkan akses internet," ungkapnya.

Azis menambahkan melalui program ini, memastikan bahwa penyebaran informasi dan komunikasi dapat merata dalam wilayah Kabupaten Kolaka Timur agar di manapun masyarakat dapat merasakan manfaat dari internet tanpa batasan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga