Pemda Kolaka Timur Salurkan Benih Sayuran dan Ikan ke Petani Lara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Salurkan Benih Sayuran dan Ikan ke Petani Lara
Pemda Kolaka Timur salurkan bantuan bibit sayuran dan ikan ke petani Lara guna tekan inflasi. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), menyerahkan bantuan aneka benih sayuran dan ikan kepada petani di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), menyerahkan bantuan aneka benih sayuran dan ikan kepada petani di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta.

Kepala Dinas Ketapang Kolaka Timur Idarwati mengatakan, penyaluran itu merupakan salah satu langkah dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting, juga menekan inflasi yang terjadi secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Penyerahan bantuan ketahanan pangan, berupa bibit sayur-sayuran dan bibit ikan, serta sarana pendukung budidaya, dalam rangka menekan infalsi dan kemiskinan ektrem dan mencegah stunting di Kabupaten Kolaka Timur," ujar Idarwati.

Baca Juga: Hewan Ternak di Kolaka Timur Divaksin untuk Kendalikan PMK

Lebih lanjut ia menjabarkan, kegiatan itu sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Ketahanan Pangan, juga sesuai dengan arahan Presiden RI. Sehingga, pemda melalui Bupati Kolaka Timur, bergerak cepat untuk mencegah inflasi ketahanan pangan di daerah.

Pengembangan cabai oleh petani di Kolaka Timur diharapkan dapat menekan laju inflasi. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Selain itu, lanjut Idarwati, pihaknya akan melaksanakan pasar murah di 12 kecamatan untuk menekan laju inflasi, khususnya harga beras pangan yang melonjak naik bisa dicegah.

Idarwati berharap penekanan inflasi ini bukan dari sektor pertanian saja tapi sektor perkebunan, perikanan juga harus mendukung satu sama lain.

"Sehingga dapat memproduksi makanan yang beragam dan bergizi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kolaka Timur, Hartini Azis meyakini dan percaya jika semua tanaman komoditi yang sedang dikembangkan masyarakat Kolaka Timur, akan mampu meningkatkan perekonomian keluarga serta menekan inflasi.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Teken Puja Indah Bersama Kemendagri

“Insya Allah, dengan bertanam cabe seperti ini, akan meningkatkan pendapatan masyarakat agar mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Ini juga akan mampu menekan laju inflasi yang terjadi saat ini,” ucapnya.

Hartini Azis melajutkan, tak hanya cabai, tanaman komoditas lainnya, harus dikembangkan.

Karena, lanjut Hartini Bupati Kolaka Timur, akan terus berusaha dan mendukung pengembangan berbagai jenis tanaman yang mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga