Pemda Kolaka Timur Teken Puja Indah Bersama Kemendagri

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Teken Puja Indah Bersama Kemendagri
Pemda Kolaka Timur teken pernyataan komitmen puja indah bersama Kemendagri. Foto: Ist.

" Bupati Kolaka Timur, menandatangani pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), bersama Kemendagri, Rabu (4/10/2023) di Hotel Orchardz Industri Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Timur, menandatangani pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), bersama Kemendagri, Rabu (4/10/2023) di Hotel Orchardz Industri Jakarta.

Penandatanganan ini dihadiri langsung Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo, sejumlah kepala daerah Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tenggara.

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan, penandatanganan kesepakatan ini merupakan penyempurnaan bersama pemerintah dalam melakukan inovasi di daerah.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Pasar Murah untuk Stabilisasi Harga dan Tekan Inflasi

Azis menambahkan, dengan komitmen bersama ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas penyelenggaraan pemerintah daerah berorientasi inovasi, menciptakan lingkungan kondusif bagi pelaksana inovasi daerah, meningkatkan efektivitas pelayanan publik, manajemen pemerintah daerah, aktivitas prekonomian daerah.

"Dan juga aktifitas masyarakat sebagai sistem layanan mempercepat implementasi yang tertuang dalam PP Nomor 38 Tahun 2017, sesuai dengan tujuan dari penerapan Pusat Jejaring Inovasi Daerah ini," ujar Azis.

Melansir dari Litbang.Kemendagri.go.id Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mendorong pemerintah daerah (Pemda) tak ragu berinovasi.

“Kemendagri dalam berbagai kesempatan menyatakan pemerintah daerah untuk tidak ragu-ragu dan tidak takut untuk melakukan inovasi di daerah masing-masing,” tegas Yusharto.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Salurankan Bantuan ke Warga Iwoimenggura yang Alami Kebakaran

Yusharto mengungkapkan, Puja Indah merupakan salah satu upaya pemerintah pusat dalam mendorong daerah agar mampu berinovasi.

Yusharto mengatakan, aplikasi Puja Indah telah memiliki 13 layanan publik. Hal itu mulai dari perizinan, kesehatan, ketenagakerjaan, kependudukan, pendidikan, komoditas, aspirasi, ketertiban dan ketentraman umum, pekerjaan umum, administrasi pemerintahan, sosial, perhubungan, pariwisata dan empat layanan tematik yaitu e-ternak, e-Pendapatan Daerah, e- bumdes (Badan Usaha Milik Desa), serta e-validasi data kemiskinan.

“Tentu instrumen yang lain yang akan memungkinkan untuk dapat menerapkan inovasi harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, dan komitmen hari ini baru merupakan awal yang akan kita ukur kerja kemanfaatannya beberapa tahun ke depan,” jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga