Pemda Konawe Rancang Pembangungan Museum, Benda Sejarah Diambil dari Belanda

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 21 Januari 2022
0 dilihat
Pemda Konawe Rancang Pembangungan Museum, Benda Sejarah Diambil dari Belanda
Ketgam : Kantor Dispora Konawe yang akam dijadikan gedung Museum Sejarah. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Konawe, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), berencana akan menyiapkan Gedung Museum Sejarah "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), berencana akan menyiapkan Gedung  Museum Sejarah di Konawe sebagai pusat studi pelajar.

Kepala Dikbud Konawe, Suryadi mengatakan, penyediaan museum ini baru dalam tahap perencanaan dan itu juga merupakan prioritas bidang kebudayaan Dikbud yang mendukung kebijakan dari Pemda Konawe.

"Insya Allah kita upayakan tahun ini bisa berjalan, jadi nanti pusat studi di situ untuk anak-anak kita belajar," kata Suryadi.

Lebih lanjut, kata Suriyadi, di dalam museum nantinya akan dipajang beberapa gambar dan benda-benda sejarah yang merupakan replika yang diambil dari perpustakaan Universitas Leiden di Belanda.

Terlebih lagi, saat ini dirinya telah berkomunikasi dengan Basrin Melamba salah seorang sejarawan dan budayawan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki akses pasport login perpustakaan di Belanda itu.

"Kalau tidak dapat aslinya, paling tidak biar replikanya saja," imbaunya.

Terkait anggaran, Suryadi menambahkan, jika nanti diusulkan di anggaran APBD atau APBN yang akan direvitalisasikan di museum tersebut.

Baca Juga: Minyak Goreng Mahal dan Langka, Disperindag Konawe: Kurangi Penggunaan Minyak, Beralih Masakan Rebusan

"Kita harapkan anggarannya dari sana sesuai yang kita usulkan nanti," jelasnya.

Diketahui, museum tersebut nantinya ditempatkan di Kantor Dinas Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Konawe, sementara Dispora sendiri akan ditempatkan di kantor Diskeminfo yang pelayanannya dipindahkan ke lantai tiga kantor Bupati Konawe.

Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata Konawe, Muhammad Nur membenarkan terkait kepindahan Kantor Dispora ke Kantor Diskominfo Konawe.

"Iya benar, saya sudah minta sama Pak Sekda dan sudah di-ACC Pak Bupati," Kata Muh Nur.

Baca Juga: Angin Kencang Buat Nelayan Harus Ikat Perut, BMKG: Masyarakat Waspada

Kapan waktu kepindahannya tersebut, Muh Nur mengatakan, jika pihaknya hanya menunggu penyelesaian kepindahan pihak Diskominfo ke Lantai 3 kantor Bupati Konawe itu.

"Rencananya nanti bulan depan Diskominfo mulai angkut barangnya untuk dipindahkan," tutupnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga