Krisis COVID-19, Perusahaan dan Kementerian Bantu Jatim Iso Tank Oksigen

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 28 Juli 2021
0 dilihat
Krisis COVID-19, Perusahaan dan Kementerian Bantu Jatim Iso Tank Oksigen
Bongkar muat Iso Tank oksigen di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Ist.

" Sejumlah perusahaan dan kementerian menggelontorkan CSR berupa Iso Tank yang berisi oksigen liquid untuk membantu Provinsi Jatim dalam pemenuhan oksigen bagi pasien COVID-19. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sejumlah perusahaan dan kementerian menggelontorkan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa Iso Tank yang berisi oksigen liquid untuk membantu Provinsi Jatim dalam pemenuhan oksigen bagi pasien COVID-19.

Sejumlah perusahaan dan kementerian yang menggerojokkan CSR-nya tersebut antara lain PT. Pertamina, Kemenko Marves RI, Kemenkes RI, PT. Kamadjaja Logistik, PT Virtue Dragon Nickel Industrial (VDNI) Konawe Sulawesi Tenggara dan juga didukung oleh PT. Pelindo. Jumlah bantuan yang dikirimkan sebanyak 3 unit Iso Tank. Masing-masing, berisi 20 ton liquid oksigen.

"Kita bersyukur, ada yang sulit itu nyari iso tank-nya juga hari ini, jadi banyak industri-industri berat yang sebenarnya menghasilkan oksigen tetapi untuk mengangkutnya ini yang sangat terbatas," kata Wagub Jatim  Emil Dardak di Surabaya, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Mulai Diserobot Warga, Pengamanan Kawasan Hutan Lindung Warangga Diperketat

Baca juga: Gempa Bumi 3,9 SR Guncang Kolaka Selasa Malam, Ternyata Ini Penyebabnya

Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan, bantuan Iso Tank dan liquid oksigen ini diharapkan dapat membantu menyediakan stok oksigen di Rumah Sakit (RS) dan bagi masyarakat yang membutuhkan di Jatim.

Apalagi saat ini, oksigen menjadi salah satu benda yang sangat dibutuhkan untuk menangani pasien COVID-19 di RS maupun masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri (Isoman).

"Kemudian 3 truk ini akan segera mengangkut ini (iso tank liquid oksigen) ke stasiun untuk kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang dibutuhkan sesuai dengan arahan dari Ibu Gubernur, hasil pemetaan Satgas Oksigen," jelasnya.

Sekedar diketahui, Iso Tank itu sendiri merupakan kontainer berbentuk tangki yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga