Pemda Konawe Segera Proses Penyaluran BLT Tahap Enam

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 16 September 2020
0 dilihat
Pemda Konawe Segera Proses Penyaluran BLT Tahap Enam
Kepala BPMD Konawe, Keni Yuga Permana. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Setiap tahap penyaluran, total anggaran yang dicairkan sebesar Rp 5.071.000.000. Karena tiga tahap, jadi jumlahnya Rp 15 miliar. Kita salurkan di 239 desa, minus 52 desa yang sampai hari ini blokir DD-nya masih belum dibuka oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. "

KONAWE, TELISIK.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap enam yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Konawe akan segera diproses dalam waktu dekat ini.

Penyaluran kini sudah dilakukan hingga tahap lima. Tinggal satu tahap lagi, pemerintah bisa menuntaskan pencairan BLT-DD.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konawe, Keni Yuga Permana menyebut, bakal segera mengajukan kembali dokumen terkait persiapan pencairan BLT-DD tahap enam itu di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari.

Ia mengatakan, BLT-DD tahap empat hingga enam, diberikan kepada 16.906 keluarga penerima manfaat (KPM), berbeda dengan BLT tahap satu hingga enam sebesar Rp 600 ribu tiap KPM, nominal yang diterima untuk periode pencairan Agustus-Oktober 2020 tersebut yakni Rp 300 ribu per KPM.

Duit yang disiapkan untuk pencairan BLT-DD tahap empat hingga enam berjumlah sekira Rp 15 miliar.

"Setiap tahap penyaluran, total anggaran yang dicairkan sebesar Rp 5.071.000.000. Karena tiga tahap, jadi jumlahnya Rp 15 miliar. Kita salurkan di 239 desa, minus 52 desa yang sampai hari ini blokir DD-nya masih belum dibuka oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI," terangnya.

Baca juga: Syeh Ali Jaber Bakal Dikawal Ketat Ceramah di Malang dan Jember

Lanjutnya menjelaskan, penyaluran BLT-DD di masa pandemi, awalnya hanya akan disalurkan untuk hitungan tiga tahap saja, yakni periode April-Juni 2020. Namun, ada penambahan waktu terkait pencairan BLT-DD selama tiga bulan.

Tepatnya, pasca Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) RI, melakukan revisi atas pedoman penggunaan dana desa (DD) tahun 2020.

"Terkait penerima BLT, kita mengacu pada surat edaran (SE) Menteri Desa saja. Kriterianya saya pikir tidak akan jauh berbeda dengan syarat yang lalu," terangnya.

Jumlah KPM penerima BLT-DD tahap empat hingga enam di Konawe, mengalami peningkatan jika dibanding penerima BLT ditahap satu hingga tiga. Peningkatan jumlah KPM tersebut pastinya sudah dimusyawarahkan ulang dengan tim relawan COVID-19.

"Peningkatan jumlah KPM itu juga disebabkan ada beberapa masyarakat yang sudah tidak mendapatkan bantuan sosial tunai (BST). Oleh karena itu, kita upayakan supaya diakomodir lewat BLT saja," tutup Keni.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Kardin

Baca Juga