Pemda Konawe Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024
Pemda Konawe lakukan penandatanganan NPHD bersama pihak keamanan guna sukseskan Pilkada 2024. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Konawe siap menggelar pesta demokrasi lima tahunan, pilkada dengan melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada Konawe 2024, Kamis (9/11/2023) di ruang kerja Bupati Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemda Konawe siap menggelar pesta demokrasi lima tahunan, pilkada dengan melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada Konawe 2024, Kamis (9/11/2023) di ruang kerja Bupati Konawe.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, bersama Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi, Dandim 1417 Kendari, Kolonel Czi Bintarto Joko Yulianto dan Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman, yang diwakili oleh Kabag Ops Polresta Kendari melakukan penandatanganan.

Turut hadir menyaksikan Ketua Pengadilan Negeri Unaaha, Dian Kurniawati, Sekda Konawe, Kepala Badan Kesbangpol Konawe dan Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Konawe.

Baca Juga: Pemda Konawe Terima Puluhan Sertifikat Tanah Aset Daerah dari BPN

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, penandatangan NPHD ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 pasal 13 ayat 2 tentang Pendanaan Kegiatan Pilkada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Ini adalah mandatory, perintah yang harus dilaksanakan dan anggarannya sudah tersedia di kas daerah," kata Harmin Ramba.

Dengan selesainya NPHD ini, Harmin Ramba berharap pelaksanaan pemilu dan Pilkada Konawe 2024 dapat berjalan dengan baik, aman dan terkendali.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Konawe, Tery Indria menjelaskan, untuk dana hibah Pilkada 2024 yang bersumber dari APBD itu akan dilakukan pencairan di tahun 2024.

Lanjut Tery untuk total dana hibah Polres Konawe senilai Rp 7.857.904.000, untuk Dandim 1417 Kendari sebesar Rp 2.462.250.000, dan untuk Polres Kota Kendari karena terdapat 2 kecamatan yang masuk di wilayah hujum di sana juga dilakukan hibah sebesar Rp 1.110.707.500.

Baca Juga: Dukung Pilkada 2024 Pemda Konawe Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu

Tery mengungkap untuk nilai-nilai yang dihibahkan telah dilakukan review mulai dari BPKAP, Inspektorat dan tim TAPD.

Sementara itu, Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menggelar penandatanganan NPHD ini sebagai komitmen dalam menggelar pesta demokrasi di 2024.

"Tadi kita sudah tanda tangan NPHD, ini sebagai komitmen dalam melakukan pengamanan Pilkada 2024 nanti," jelasnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga