Masyarakat Desa Lalombonda Sudah Terima BLT-DD Periode Januari, Februari dan Maret 2022

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Masyarakat Desa Lalombonda Sudah Terima BLT-DD Periode Januari, Februari dan Maret 2022
Penyerahan BLT-DD kepada salah satu KPM di Desa Lalombonda. Foto: Ist.

" BLT ini menyasar kelompok masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta belum menerima bantuan lain, terdiri dari buruh Bangunan, Ibu Rumah Tangga, tukang ojek dan sebagainya "

KONAWE, TELISIK.ID - Puluhan kepala keluarga di Desa Lalombonda, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, sudah menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama  tahun 2022.

Kepala Desa Lalombonda Musaruddin mengatakan, penyaluran BLT ini menyasar kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta belum menerima bantuan lain, terdiri dari buruh Bangunan, Ibu Rumah Tangga (IRT), tukang ojek dan sebagainya.

"Tanpa harus menunggu lama, ketika dana desa sudah masuk di rekening desa, kita langsung salurkan agar masyarakat penerima BLT dapat langsung menggunakan bantuan tunai dari pemerintah," jelas Musaruddin, Kamis (14/4/2022).

Musaruddin juga menjelaskan, untuk  jumlah warganya yang menerima bantuan langsung tunai dana desa tahap pertama tahun 2022 tersebut sebanyak 56 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp 50.400.000.

Baca Juga: SAR Baubau Selamatkan Kapal di Perairan Siompu

“Untuk tahun 2022 sebanyak 56 KPM yang menerima  BLT-DD dengan masing-masing nominal Rp 900.000 untuk 3 bulan yaitu Januari, Februari dan Maret 2022," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Musaruddin, untuk memudahkan penyaluran BLT dan kepentingan manusia, pihaknya menerbitkan peraturan desa (Perdes) yang mengatur tata cara penyaluran BLT.

Dan tak lupa juga pihaknya bersama para Kepala Dusun, camat. puskesmas serta Polsek Lalonggasumeeto terus mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar ikut serta mensukseskan program dari pemerintah pusat dan daerah khususnya vaksinasi.

Baca Juga: Penerima Vaksin Dosis 1 di Butur Sudah Mencapai 83 Persen

"Salah satu poinnya, yaitu setiap penerima BLT wajib membawa kartu vaksin, KTP, serta kartu keluarga," jelasnya.

Musaruddin pun berharap penerima manfaat bantuan dari pemerintah tersebut memanfaatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan pokok sehari-hari. Jangan digunakan untuk berfoya-foya. Apalagi di bulan suci Ramadan saat ini.

"Semoga penerima bantuan BLT ini dapat dipergunakan dengan baik dalam keadaan pandemi saat ini, dan Jangan lupa vaksin untuk mendukung salah satu program pemerintah pusat," tandasnya.

Diketahui, dalam penyaluran BLT pada 7 April 2022  itu disaksikan oleh BPD, Pendamping Desa. Sekdes. Kaur Keuangan, Kepala Dusun 1 dan 3, dan Bahbinkantibmas. (C-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga