Pemda Muna Barat Kucurkan BTT Rp 115 Juta pada Korban Bencana

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 06 November 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Kucurkan BTT Rp 115 Juta pada Korban Bencana
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat memberi instruksi kepada Kalak BPBD dalam menyalurkan dana BTT bagi korban bencana. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Siapkan dana bantuan tak terduga (BTT), Pemda Muna Barat kucurkan anggaran sebesar Rp 115 juta untuk masyarakat terdampak bencana "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Siapkan dana bantuan tak terduga (BTT), Pemda Muna Barat kucurkan anggaran sebesar Rp 115 juta untuk masyarakat terdampak bencana.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam seperti kebakaran, angin puting beliung, dan lainnya, pemda telah menyiapkan dana pada BTT untuk memberikan santunan kepada masyarakat.

"Hal ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah," ungkapnya, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Pemda Muna Barat Serahkan Beasiswa 258 Mahasiswa

Bahri menyebutkan, ada beberapa laporan kejadian atau masyarakat yang terkena musibah yang perlu diberikan bantuan, misalnya kebakaran rumah di Desa Umba, kebakaran rumah di Desa Lahaji, kebakaran rumah di Desa Barangka, kebakaran rumah di Kelurahan Wamelai, rumah tertimpa pohon enau, rumah roboh akibat puting beliung, dan bagang milik nelayan pulau katela yang terbawa arus.

Untuk itu, ia mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna Barat untuk segera merealisasikan bantuan terhadap warga terkena bencana alam tersebut.

Saat ditemui Telisik.id, Kepala Pelaksana BPBD Muna Barat, Karimin mengatakan, anggaran dari BTT itu akan segera diserahkan bagi beberapa warga yang terkena dampak bencana, bantuan itu diberikan berupa uang tunai yang akan dibangunkan kembali rumah, tetapi proses pembangunan kembali rumah tersebut akan dipantau oleh pihak pemerintah daerah.

Baca Juga: Selain Sembako Gratis, Pemprov Sulawesi Tenggara juga Beri Beasiswa Tingkat SMA di Muna Barat

"Besok kita akan serahkan dana tersebut untuk korban di beberapa desa," ungkapnya.

Ia menyebutkan, rincian anggaran yang akan diberikan kepada warga meliputi korban kebakaran rumah di Kelurahan Wamelai sebesar Rp 25 juta, di Desa Barangka sebanyak Rp 25 juta, rumah tertimpa pohon di Lapolea sebanyak Rp 5 juta pasalnya hanya bagian WC yang tertimpa.

Selanjutnya, kebakaran rumah di Desa Lahaji sebanyak Rp 15 juta, di Desa Umba sebanyak Rp 15 juta, rumah roboh akibat angin puting beliung di Desa Momuntu dibantu sebanyak Rp 15 juta, dan bagang milik nelayan dibantu sebanyak Rp 15 juta. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga