Pemda Muna Barat Raih TPID Beprestasi Kawasan Sulawesi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Raih TPID Beprestasi Kawasan Sulawesi
Pj Bupati Muna Barat bersama jajaran pemerintah daerah saat menghadiri rakornas dan penerimaan penghargaan TPID berprestasi kawasan Sulawesi di Istana Negara. Foto: Ist.

" Kabupaten Muna Barat berhasil mendapatkan penghargaan TPID kabupaten kota berprestasi kawasan Sulawesi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Bukti sinergitas antara pemerintah pusat dan Pemda dalam pengendalian inflasi, Kabupaten Muna Barat berhasil mendapatkan penghargaan TPID kabupaten kota berprestasi kawasan Sulawesi.

Penghargaan itu diberikan saat rakornas  pengendalian inflasi tahun 2023 sekaligus pergelaran award TPID, di Istana Negara, Jakarta, yang dihadiri oleh Pj Bupati Muna Barat beserta rombongannya, Kamis (31/8/2023).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI selalu Ketua TPID pusat, Airlangga Hartarto. Dia mengatakan, penghargaan itu berdasarkan surat keputusan Nomor 306 tahun 2023 bahwa Kabupaten Muna Barat diberikan penghargaan berprestasi kawasan Sulawesi.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Muna Barat sebagai praktik terbaik dalam mengendalikan inflasi dengan melaksanakan seluruh instruksi presiden terkait penanganan inflasi.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, merasa bersyukur dan bangga dengan kerja keras tim TPID dalam menangani inflasi daerah.

Baca Juga: Muna Barat jadi Daerah Praktik Terbaik Pengendalian Inflasi di Sulawesi Tenggara

Penghargaan yang didapatkan oleh pihaknya merupakan bukti bahwa telah melaksanakan 6 instruksi presiden serta telah melaksanakan konsep 4K arahan dari pihak Bank Indonesia (BI).

"4K yang dimaksud ialah ketersediaan produk, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi efektif dalam melaksanakan seluruh arahan penanganan inflasi," ungkap Bahri via WhatsApp.

Selanjutnya dalam pelaksanaan instruksi presiden dan arahan Mendagri yaitu Pemda Muna Barat telah melaksanakan sidak pasar, operasi pasar, gerakan menanam cepat panen, kerja sama antar daerah, penggunaan BTT serta subsidi transportasi.

Sehingga dengan pelaksanaan beberapa langkah pengendalian inflasi itu menunjukkan sinergitas antara pemerintah pusat dan Pemda untuk terus bersama-sama melaksanakan gerakan pengendalian inflasi.

Olehnya itu, penghargaan yang diterima oleh pihaknya, ia persembahkan untuk masyarakat Muna Barat, OPD yang tetap bekerja keras serta para pencacah yang ada di tiap pasar, serta Forkopimda yang selalu memberikan dukungan terkait TPID.

Namun, ini tak menjadikannya jumawa atau merasa puas dengan hasil yang didapatkan. Harapannya, semua stakeholder terus bekerja secara sinergis untuk tetap mempertahankan nominasi TPID terbaik.

Baca Juga: Muna Barat Masuk Award TPID Terbaik 2023 Secara Nasional Soal Tekan Inflasi

Sementara itu, penanggung jawab TPID Muna Barat, Nurtin mengatakan, keberhasilan yang dicapai oleh timnya pencapaian luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi tim TPID.

"Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan pimpinan daerah serta kerja sama Tim TPID," ungkap Kabag Ekonomi Setda Muna Barat

Maka harapannya ke depan inflasi di Muna Barat semakin bisa dikendalikan sehingga ekonomi juga terus meningkat dan semakin baik. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga