Belum Terima NIP, 19 CASN Mengadu di DPRD Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 19 April 2021
0 dilihat
Belum Terima NIP, 19 CASN Mengadu di DPRD Muna
Komisi I DPRD Muna menerima aduan 19 CASN. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita mengadu agar persoalan NIP ini jelas. Terus terang kami dibuat bingung "

MUNA, TELISIK.ID - Nasib 19 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Muna lulusan tahun anggaran 2019, masih terkatung-katung. Mereka pun terpaksa mengadukan persoalan tersebut di DPRD Muna, Senin (19/4/2021).

Berbeda dengan 212 CASN, ke-19 CASN tersebut hingga saat ini belum mengantongi Nomor Induk Pegawai (NIP) dan SK 80 persen.  

Mereka beranggapan ada yang tidak beres dengan pembagian NIP di Badan Kepegawaian Pengembangan  Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna.

"Kita mengadu agar persoalan NIP ini jelas. Terus terang kami dibuat bingung," kata Sitti Fatimah, CASN formasi guru Bahasa Inggris SMPN 1 Batukara.

Mereka tahu bila NIP bermasalah pada 11 Maret lalu, kala akan mengikuti orientasi. Dari situ, mereka dipisahkan dan tidak dibolehkan ikut orientasi.  

"Kita dikumpulkan dan diberitahu, bahwa NIP belum keluar, karena ada berkas yang bermasalah dan ada yang sanggah," terangnya.

Untuk berkas yang bermasalah sebanyak 17 orang. Sedangkan dua orangnya, ada yang melakukan penyanggahan, karena formasi yang didaftar dan kelulusan tidak sesuai.

Mereka tak putus asa dan terus mencari tahu hingga ke BKN Makassar.

"Ternyata, setelah kita cek, ada berkas yang belum dikirim ke BKN," ungkapnya.

Baca Juga: Polda Periksa Eks Kepala Bank Sultra Capem Konkep Soal Aliran Dana Rp 9,5 Miliar

Kini, mereka berharap pada Komisi I DPRD Muna dapat menjembatani persoalan belum terbitnya NIP itu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Muna, La Usa berjanji akan menindaklanjuti aduan para CASN itu dengan akan mengundang BKPSDM.  

"Besok (Selasa), kita rapat dengan BKPSDM," kata La Usa.

Politisi Golkar itu menegaskan, akan memperjuangkan hak-hak para CASN. Sebab, nantinya dalam rapat tidak ada titik temu, pihaknya tidak segan-segan berkonsuktasi langsung ke BKN Makassar.  

"Ini persoalan hak CASN. Kita akan menjadi garda terdepan untuk memperjuangkan," tegasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga