Muna Barat Masuk Award TPID Terbaik 2023 Secara Nasional Soal Tekan Inflasi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Muna Barat Masuk Award TPID Terbaik 2023 Secara Nasional Soal Tekan Inflasi
Pemda Muna Barat mendapat apresiasi dari Presiden RI terkait pengendalian inflasi, serta masuk nominasi TPID terbaik tahun 2023. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Giat dalam menekan inflasi daerah dengan melaksanakan 6 Instruksi Presiden RI, Kabupaten Muna Barat berhasil masuk award TPID terbaik tahun 2023 secara nasional "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Giat dalam menekan inflasi daerah dengan melaksanakan 6 Instruksi Presiden RI, Kabupaten Muna Barat berhasil masuk award TPID terbaik tahun 2023 secara nasional.

Sesuai surat undangan dari Kemendagri Nomor 500.2.3/9451/Bangsa yang ditujukan kepada beberapa pimpinan daerah, salah satunya Kabupaten Muna Barat untuk mengikuti rakornas pengendalian inflasi tahun 2023 sekaligus pergelaran award TPID.

Dalam rakornas itu bertema tentang memperkuat sinergi dan inovasi untuk stabilitas harga menuju ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan.

Tujuan rakornas untuk mendorong KDH dan TPID mensinergikan kebijakan stabilitasi harga dan ketahanan pangan nasional dengan kebijakan pemulihan ekonomi daerah, serta menghasilkan kebijakan pengendalian inflasi daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian inflasi secara nasional.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Tanggapi Keluhan Kelompok Tani Wulanga Jaya

Berhasilnya Muna Barat masuk award TPID terbaik secara nasional, ini dikarenakan dalam pengendalian inflasi daerah, Muna Barat melakukan seluruh enam strategis dari Presiden RI, Joko Widodo.

Sehingga langkah itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, salah satunya Kemendagri menyebut Muna Barat sebagai daerah terbaik dalam praktik pengendalian inflasi.

"Kabupaten Muna Barat menganggarkan anggaran secara menyeluruh dalam pengendalian inflasi," ungkap Plt Sekretaris Dirjen Kemendagri, Ahmad Husein Tambunan pada GNNP Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

Untuk itu, pihak BI Sulawesi Tenggara menominasikan Muna Barat sebagai TPID terbaik tahun 2023, sehingga pihak Pemda Muna Barat diundang untuk hadir di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Dorong Pemerataan Listrik di Wilayah Kepulauan

"Undangan itu disampaikan melalui radiogram Kemendagri," ungkap Kepala BI Sulawesi Tenggara, Doni Septadijaya.

Olehnya itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri sangat berterima kasih sebab telah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dalam hal ini presiden RI, serta Muna Barat juga turut masuk nominasi TPID terbaik tahun 2023.

Namun, Bahri katakan dengan pencapaian-pencapaian itu tidak akan membuat Pemda untuk terus giat dalam mengendalikan inflasi daerah.

"Ini sebagai salah satu dorongan bagi pemda untuk terus bekerja dengan lebih baik bagi masyarakat," ungkap Bahri via WhatsApp, Rabu (30/8/2023). (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga