Pemerintah Ganti BLT Subsidi Gaji ke Insentif Kartu Prakerja, Begini Cara Dapatnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 09 Februari 2021
0 dilihat
Pemerintah Ganti BLT Subsidi Gaji ke Insentif Kartu Prakerja, Begini Cara Dapatnya
Ilustrasi pergantian BLT Subsidi gaji ke Insentif kartu prakerja. Foto: Repro Antara

" Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tahun ini BLT subsidi gaji Rp2,4 juta untuk pekerja tidak dilanjutkan. Sebagai ganti BLT subsidi gaji, pemerintah akan mengalihkan insentif ke program Kartu Prakerja.

Saat ini pemerintah sudah menggelar program Kartu Prakerja hingga gelombang 11 pada akhir 2020. Sementara pada awal 2021, pemerintah berencana membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12.

"Program Kartu Prakerja tahun 2021 akan dimulai dengan gelombang 12,” kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dilansir Okezone.com.

Total bantuan yang didapat adalah Rp 3,55 juta, dengan rincian Rp 600 ribu untuk biaya pelatihan tiap bulan selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta dan Rp 1 juta sebagai insentif biaya pelatihan, serta Rp 150 ribu sebagai biaya survei.

Namun, sebelum mendaftar pastikan kalian memenuhi syarat seperti:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Berusia di atas 18 tahun.

3. Tidak sedang melakukan kuliah atau sekolah.

Baca juga: Ustaz Maheer At-Thuwailibi Dimakamkan di Samping Makam Syekh Ali Jaber

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

1. Buka laman www.prakerja.go.id

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

4. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

5. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menuturkan, BLT subsidi gaji tidak dilanjutkan pada 2021 karena anggarannya tidak dimasukkan di APBN 2021.

Sebagai ganti BLT subsidi gaji, pemerintah mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi COVID-19.

"Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menaker menegaskan bahwa alokasi yang diberikan terhadap Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp 20 triliun dan sejauh ini tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk BLT subsidi di APBN 2021. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga