Pemerintah Izinkan Dana Desa Bisa Bangun Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Bencana

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 11 April 2021
0 dilihat
Pemerintah Izinkan Dana Desa Bisa Bangun Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Bencana
Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar. Foto: Yudhie/Telisik

" Pemerintah Izinkan Dana Desa Bisa Bangun Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Bencana. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pemerintah mengizinkan penggunaan dana desa untuk pembangunan fisik fasilitas umum (fasum) di masing-masing daerah, yang terkena dampak bencana.

“Sudah diizinkan sama Presiden dan sudah ada nomenklaturnya penggunaan dana desa untuk membangun kembali fasum di desa,” jelas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar saat ditemui di Surabaya, Minggu (11/4/2021).

Mantan Ketua DPRD Jatim ini mengatakan, dalam penggunaan dana desa yang digunakan untuk membangun fasum desa, ada persyaratan yang harus dilalui.

“Syarat yang bisa menggunakannya ya harus untuk membangun bangunan desa yang terkena bencana. Pokoknya sudah ada nomenklaturnya dan desa diperbolehkan menggunakannya untuk membangun fasum desa,” jelas pria yang juga ketua PKB Jatim.

Untuk diketahui, dari catatan Badan  Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama tahun 2021 mulai awal tahun hingga 1 Maret 2021, tercatat ada 675 bencana yang terjadi di Indonesia.

Beberapa daerah yang terjadi bencana hampir mayoritas menyerang sejumlah desa di Indonesia. Bencana-bencana tersebut antara lain, bencana banjir setidaknya terjadi di Kepulauan Bangka Belitung; kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Jember, Jombang dan Sampang, Sidoarjo, Jawa Timur; Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah; Kalimantan Barat; 10 kabupaten di Kalimantan Selatan; Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat; Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Kolaka Melonjak Naik Jelang Ramadan

Kemudian Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat; Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Selanjutnya puting beliung juga melanda di Cirebon, Jawa Barat; Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; serta sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Aceh.

Sedangkan tanah longsor terjadi di Batam, Kepulauan Riau; Cianjur, Sumedang Jawa Barat; Manado, Sulawesi Utara; Kabupaten Lues, Aceh, dan yang terakhir gempa yang mengguncang Jatim khususnya di wilayah kabupaten Malang yang berimbas terasa disejumlah daerah di Jatim dan Sebagian di Jateng. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga