Pemkab Buton Selatan Raih Penghargaan Pengembangan TTG Desa 2024

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Senin, 15 Juli 2024
0 dilihat
Pemkab Buton Selatan Raih Penghargaan Pengembangan TTG Desa 2024
Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi saat menerima penghargaan Pengembangan TTG Desa Tahun 2024. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan pada perhelatan acara Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) yang ke XXV Tahun 2024, meraih penghargaan sebagai daerah dengan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) Desa "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan pada perhelatan acara Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) yang ke XXV Tahun 2024, meraih penghargaan sebagai daerah dengan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) Desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar menyatakan bahwa Teknologi Tepat Guna merupakan salah satu produk yang tercipta dari inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mana bertujuan untuk mendorong dan membantu pada bidang pemasaran.

Inovasi TTG adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi  yang  telah ada kedalam produk atau proses produksi

Teknologi Tepat Guna (TTG) juga menjadi prioritas serta menjadi kebutuhan masyarakat Desa untuk pengembangan dan pemanfaatan yang didanai oleh APBDes, APBD Kabupaten/Kota, serta swadaya masyarakat. Termasuk didalamnya dapat didukung dari dana Desa selama hal tersebut disepakati bersama pada musrenbangdes.

Baca Juga: Perpusda Baubau Hadirkan Layanan Iwolio Mudahkan Akses Membaca Buku

Untuk itu, desa tidak perlu ragu dalam memanfaatkan APBDes atau Dana Desa untuk pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) Desa. Selanjutnya TTG disebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat sebab dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan.

“Diharapkan sudah dapat dipasarkan melalui e-katalog Lokal dan Nasional,” ungkapnya pada pembukaan perhelatan  (GTTGN) yang ke XXV, (15/7/2024).

Dalam rangkaian acara tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan Parinringi, menerima penghargaan atas jasanya dalam mendorong pengembangan inovasi Desa di Kabupaten Buton Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar.

Parinringi mengungkapkan, dengan masuknya Teknologi Tepat Guna (TTG) pada desa-desa di Kabupaten Buton Selatan diharapkan dapat mendorong semangat inovasi di kalangan masyarakat itu sendiri. Sehingga menciptakan suasana yang mendukung dari perkembangan teknologi tersebut.

Baca Juga: Guru SMKN 3 Buton Selatan Diimbau Jaga Batasan dengan Murid

Utamanya dalam memicuh perubahan menuju Kabupaten Buton Selatan yang lebih baik. Terlebih saat ini Kabupaten Buton Selatan tengah gencar-gencarnya melakukan upaya percepatan laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Baik pada wajah Ibu Kota Buton Selatan maupun yang termasuk pada desa-desa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Buton Selatan.  Untuk itu, dengan hadirnya GTT dapat membantu merealisasikan upaya-upaya tersebut.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan teknologi tersebut di tiap-tiap Desa di Kabupaten Buton Selatan. Dimana akan menggandeng OPD terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan.

Pada perheletan acara TTG Nusantata XXV yang bertempat di Nusa Tenggara Barat (NTB), turut dirangkaikan dengan Expo Inovasi Desa dan Promosi Hasil Produk Desa atau BUMDes se-Indonesia. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga