CV Ziadah Mekar Kuasai Proyek di Dinas PUPR Muna, Diduga "Main" dengan Pokja ULP

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 19 April 2022
0 dilihat
CV Ziadah Mekar Kuasai Proyek di Dinas PUPR Muna, Diduga
Hasil lelang di LPSE dan Kantor ULP. Foto : Sunaryo/Telisik

" Tender proyek di Kabupaten Muna telah selesai dilakukan oleh Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Tender proyek di Kabupaten Muna telah selesai dilakukan oleh Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Muna. Namun, dari sejumlah perusahaan, hanya CV Ziadah Mekar yang mendominasi pemenang tender di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Diduga, perusahaan yang beralamat di By Pass, Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu itu "main" dengan Pokja ULP, sehingga memuluskan menjadi pemenang lelang.

Dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Muna, CV Ziadah Mekar, ada beberapa proyek dengan anggaran besar yang dimenangkan di Dinas PUPR.

Adalah pembangunan jaringan distribusi dan sambungan di Desa Pola, Kecamatan Pasir Putih dengan pagu anggaran Rp 980 juta, di Desa Pohorua, Kecamatan Maligano Rp 1 miliar, DAK reguler peningkatan kapasitas struktur Jalan Motewe-Wakorambu Rp 7,4 miliar dan lanjutan pembangunan SAB perpipaan Desa Raimuna Rp 600 juta.

Bukan saja itu, di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), CV Ziadah Mekar kembali menjadi pemenang pada proyek pembangunan jembatan permanen kontruksi beton bertulang dua unit di UPT Langkoroni I sebesar Rp 1,7 miliar.

Baca Juga: THR ASN Muna Rp 27 M, Pembayarannya Tunggu Perbup

Banyaknya proyek dengan anggaran 'gemuk' yang dimenangkan CV Ziadah Mekar itu, mendapat perhatian serius dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna. Diduga ada monopoli dan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) yang dilakukan ULP bersama pihak perusahan.

Bidang Intelijen, Kejari Muna pun mulai melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dengan mengambil keterangan Pokja ULP.

Baca Juga: Kunker di Cibal, Ini Permintaan Hingga Keluhan Para Kades ke Gubernur NTT

"Masih kita dalami. Sudah beberapa orang Pokja yang kami mintai keterangan," kata Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing melalui Kasi Intelijen, Fery Febrianto, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, Kabag ULP Muna, Syahrun mengaku, telah mengkroscek pada Pokja terkait lima proyek yang dimenangkan CV Ziadah Mekar itu.

"Alasan dimenangkan, karena dalam waktu yang bersamaan, keuangan CV Ziadah mencukupi untuk membiayai lima paket tersebut," katanya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga