Pemkab Kolaka Utara Alokasikan Rp 31,7 Miliar Aspal Jalan Tahun 2023

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 29 November 2022
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Alokasikan Rp 31,7 Miliar Aspal Jalan Tahun 2023
Ruas jalan dalam kota Kecamatan Ngapa yang bakal diaspal tahun 2023 mendatang. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 31,7 miliar untuk rekonstruksi dan peningkatan jalan daerah berupa pengaspalan beberapa ruas jalan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 31,7 miliar untuk rekonstruksi dan peningkatan jalan daerah berupa pengaspalan beberapa ruas jalan.

Hal itu dikemukakan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si saat rapat paripurna DPRD Kolaka Utara dalam rangka penetapan raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 di ruang paripurna gedung DPRD, Senin (28/11/2022).

Kata dia, kelompok belanja modal tahun 2023 diproyeksikan sebesar Rp 156,94 miliar atau meningkat sebesar Rp 42,71 miliar dari anggaran tahun 2022 yakni Rp 114,23 miliar.

"Peningkatan anggaran khusus belanja modal di tahun 2023 dialokasikan untuk pembangunan gedung kantor BKPSDM, BKAD, Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Pakue, dan Puskesmas Porehu serta pembangunan baru gedung perawatan RSUD Djafar Harun," terangnya.

Kemudian, lanjutnya, rekonstruksi dan peningkatan jalan daerah berupa pengaspalan beberapa ruas jalan antara lain ruas jalan Lahabaru-Lelehao.

Baca Juga: Tanah Makam Khusus Kaum Muslim di Manggarai Berpindah

Ruas jalan Lapai-Tambuha, ruas jalan dalam kota Kecamatan Ngapa, ruas jalan Desa Kasu Meeto, ruas jalan Desa Lalombundi, ruas jalan Desa Saludongka, dan ruas jalan Lelewawo-Porehu.

"Alokasi anggarannya sebesar Rp 31,7 miliar, lebih tinggi jika dibandingkan beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Selain itu, Pemkab Kolaka Utara tahun depan juga akan mebangun jalan produksi dan jalan usaha tani di beberapa titik.

"Khusus ruas jalan Lelewawo-Porehu, kita harapkan dapat tuntas di tahun 2023 sehingga masyarakat di Kecamatan Porehu dapat lebih dimudahkan dalam akses transportasi," tukasnya.

Sebelumnya, Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini beberapa waktu lalu menyampaikan, selain memikirkan potensi investasi dan tingkat produktivitas keluarga sesuai dengan kegiatan berkebun dan bertani, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara tahun 2023 mendatang juga akan memprioritaskan atau memfokuskan pembenahan jalan-jalan kabupaten yang belum tersentuh aspal.

Dengan pembenahan jalan tersebut diharapkan keluarga dan masyarakat dapat dengan mudah mengangkut hasil produksi mereka sehingga akses penjualan semakin bagus.

Baca Juga: Pengakuan Pejabat Kemenag Diduga Memalsukan Surat Keterangan saat Diperiksa Polisi

"Khusus Desa Saludongka InsyaAllah tahun depan akan sudah diaspal dengan anggaran kurang lebih Rp 4 miliar," katanya.

Senada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Mukramin, S.E., M.M. menuturkan, panjang jalan yang akan tersentuh aspal di Desa Saludongka tahun depan sekitar 1,5 kilometer.

"InsyaAllah tahun depan akan diaspal dengan panjang 1,5 kilometer menggunakan anggaran APBD," imbuhnya. (B-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga