Pemkab Konawe Mulai Bangun Lumbung Pangan Masyarakat

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Mulai Bangun Lumbung Pangan Masyarakat
Peletakan batu pertama pembangunan LPM di Mekar Sari oleh Kadis Ketapang Konawe Muhammad Akbar. Foto: ist

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) kini mulai merealisasikan bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) kini mulai merealisasikan bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).

Hal tersebut dibuktikan dengan peletakan batu pertama pembangunan LPM untuk gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe, Selasa (19/7/2022).

Kadis Ketapang Konawe, Muhammad Akbar mengatakan jika realisasi bantuan dari pemerintah pusat itu telah dilaksanakan pada tahap pertama dengan pembangunan LPM.

"Untuk tahap satu sudah mulai kerjakan, dan pembangunannya secara swakelola karena dana dari pusat langsung masuk ke rekening kelompok tani kita," jelas Muh. Akbar.

Dengan bantuan dari pemerintah pusat tersebut, lanjut Akbar, dapat digunakan untuk membangun lantai jemur, gudang serta fasilitas lainnya seperti Rice Milling Unit (RMU) dan pengering.

Baca Juga: Pemkab Konawe Dukung Infrastruktur Rumah Ibadah

"Kalau pembangunan sementara dikerjakan, dan untuk item lainnya seperti RMU dan mesin pengeringnya sistem katalog atau lelang," Imbuhnya.

Akbar berharap, dengan bertambahnya LPM di Kabupaten Konawe dapat menjadi pendukung dan support bagi para petani kita untuk memanfaatkan LPM tersebut terutama di wilayah penyangga. Sehingga tidak ada lagi gabah para petani yang tertinggal.

"Dan tentunya juga untuk terus menggenjot peningkatan produksi beras kita di Konawe," pungkasnya.

Baca Juga: Lurah Lauru Geram, Warga Dan Namanya Dicatut Dalam Daftar Hadir Reses Dewan Bombana

Diketahui, bantuan dari pemerintah pusat itu berasal dari dana alokasi khusus yang bersumber dari APBN sebesar Rp 7 miliar. Dana ini untuk 7 gapoktan yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Konawe. Satu Gapoktan akan mendapatkan Rp 1 miliar.

Awalnya Dinas Ketapang mengusulkan jumlah penerima bantuan itu sebanyak 14 gapoktan namun setelah dilakukan verifikasi dari pusat hanya 7 gapoktan yang diterima. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga