Pemkab Muna Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Pemkab Muna Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan
Pasar murah yang digelar Pemkab Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menggelar pasar murah di empat kecamatan, meliputi Kecamatan Lohia, Kontunaga, Napabalano dan Katobu "

MUNA, TELISIK.ID - Menjelang hari raya Idhul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai menggelar pasar murah. Lokasinya, terbagi di empat kecamatan, meliputi Kecamatan Lohia, Kontunaga, Napabalano dan Katobu.

"Kita gelar selama lima hari 21-25 April. Kita awali di Kecamatan Lohia," kata La Ode Sairuddin, Kabag Perekonomian Setda Muna, Kamis (21/4/2022).

Untuk tiga kecamatan (Lohia, Kontunaga dan Napabalano), pasar murah digelar sehari. Beda halnya dengan di Kecamatan Katobu dilakukan selama dua hari yang dipusatkan di Alun-alun.

"Di Katobu dilaksanakan pada 24-25 April," sebutnya.  

Pria yang karib disapa Epi Sair itu mengaku, tujuan pelaksanaan pasar murah itu sebagai bentuk komitmen Bupati, LM Rusman Emba dan Wakilnya Bachrun Labuta meringankan beban masyarakat menjelang hari raya Idhul Fitri di tengah pandemi COVID-19.

"Ini bagian dari komitmen kepala daerah untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Harta Capai Triliunan, Sosok PNS Terkaya Ini Jabat Kepala Sekolah

Sementara itu, Kabid Pengembangan Perdagangan Disperdagin Muna, Umin menerangkan, dalam pelaksanaan pasar murah itu, Pemkab menggandeng pemasok dari UD Sumber Maju yang akan menyediakan kebutuhan sembako, Bulog dan Dinas Peternakan.

Baca Juga: Perkuat SPIP, Inspektorat Konawe Gelar Pendampingan Pengelolaan Risiko Bagi OPD

Untuk harga, tentunya di bawah harga pasaran. Misalnya, beras medium kemasan 15 kg dijual dengan harga Rp 131 ribu per karung, beras premium kemasan 10 kg dilepas dengan harga Rp 105 ribu. Sementara telur di kisaran harga Rp 41 ribu satu rak, terigu Rp 9500 per kg dan minyak goreng Rp 28.500 per liter.

"Untuk Bulog akan menyediakan beras, terigu dan minyak goreng yang harganya di bawah dari harga pasar. Sementara Dinas Peternakan menyedikan telur dari para peternak ayam petelur," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga