Pemkab Muna Terapkan Pra Karantina Wilayah

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 20 April 2020
0 dilihat
Pemkab Muna Terapkan Pra Karantina Wilayah
Pemasangan portal di Kelurahan Watonea. Foto: Naryo/Telisik

" Mulai hari ini (Senin), kita lakukan karantina wilayah. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai melakukan langkah-langkah konkrit penanganan penyebaran virus COVID-19 (C-19).

Pasca adanya tujuh warga yang terpapar virus itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba langsung menerapkan pra karantina wilayah.

"Mulai hari ini (Senin), kita lakukan karantina wilayah," kata Rusman.

Pra karantina wilayah dilakukan dengan mendirikan pos-pos penjagaan di beberapa pintu masuk Kota Raha. Antara lain di Kecamatan Watoputeh,  Desa Waara dan Motewe. Pos-pos akan dijaga ketat oleh aparat TNI/Polri dan tenaga medis yang tergabung dalam Tim Satgas C-19.

"Pra karantina ini sifatnya sementara sambil menunggu penyusunan regulasi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk diajukan di pusat," ujarnya.

Baca juga: DPRD Sarankan Pemkot Kendari Terapkan Karantina Wilayah RT

Disisi lain juga, mulai saat ini warga dilarang keluyuran di luar rumah bila tidak ada urusan penting, berkumpul dan nongkrong di tempat umum.

"Untuk SOR dan By Pass, kita tutup sementara.  Tidak boleh lagi ada warga, cukup stay di rumah saja," jelasnya.

Selain menerapkan pra karantina wilayah, langkah-langkah antisipasi penyebaran virus akan kembali digencarkan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah.  

Sementara itu beberapa lingkungan di dalam kota yakni,  Watonea, Butung-Butung dan Sawerigading telah memasang portal disetiap pintu masuk. Di Kelurahan Watonea misalnya, portal dipasang dipintu masuk utama. Warga yang hendak masuk di lingkungan itu kesehatanya diperiksa lebih dulu di pos jaga yang dilengkapi dengan sarana cuci tangan.

"Kita juga akan lakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga," kata Lurah Watonea La Ode Ahmad Ferly.

 

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga