Pemprov Mulai Seleksi Kepala OPD untuk Jabat Pj Bupati Buton, Kolaka Utara dan Bombana

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Pemprov Mulai Seleksi Kepala OPD untuk Jabat Pj Bupati Buton, Kolaka Utara dan Bombana
Pemprov Sulawesi Tenggara tengah menyeleksi dokumen sejumlah kepala OPD untuk diusulkan sebagai Pj Bupati Bombana, Buton, dan Kolaka Utara. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara rupanya sudah mengancam-ancang mengusulkan nama calon penjabat atau Pj ke Kemendagri "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski masa jabatan Bupati Bombana, Kolaka Utara dan Bupati Buton masih tersisa satu bulan lebih yakni 22 Agustus 2022, Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara rupanya sudah mengancam-ancang mengusulkan nama calon penjabat atau Pj ke Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan, saat ini pemrov tengah mengecek berbagai dokumen administrasi, dari seluruh kepala OPD Sulawesi Tenggara untuk melihat dan menilai, siapa yang layak dan memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi Pj.

"Syaratnya harus PNS yang bergolongan minimal IV B atau pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II), dan itu sudah menjadi ketentuan. Artinya semua kepala OPD berpeluang ditunjuk sebagai Pj, asalkan memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan. Dan tentunya berdasarkan pimpinan, siapa yang akan ditunjuk untuk menjadi Pj dalam hal ini Gubernur," ungkapnya Kamis (14/7/2022).

Meskipun Gubernur mengusulkan, penunjukan Pj bupati/walikota, sepenuhnya adalah pemerintah pusat atau Kemendagri, daerah atau provinsi hanya mengusulkan nama-nama yang bakal menjadi Pj, tetapi yang menentukan sepenuhnya adalah Kemendagri.

Baca Juga: Mitigasi Bencana dalam Kota, Wali Kota Kendari Ikut Workshop

Seperti yang terjadi sebelumnya, Pj Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Buton Selatan yang sekarang menjabat ditunjuk Kemendagri atau bukan dari usulan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Baca Juga: Warga di Kendari Sukses Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Lahan Produktif

Tempat terpisah, Gubernur Ali Mazi mengatakan untuk pengusulan Pj di tiga daerah itu masih bersifat rahasia dan tertutup. Karena akhir masa jabatan dari tiga daerah tersebut, masih menyisakan waktu yang cukup lama.

"Masih difikirkan dulu, siapa yang akan kita usulkan menjadi Pj, sekarang tim lagi bergerak, melihat siapa yang memenuhi syarat. Intinya akan ada yang kita usulkan, masing-masing tiga orang setiap daerah," jelasnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga