Pemprov Sultra Awasi Penyaluran Elpiji Subsidi saat Ramadan-Lebaran

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 13 April 2021
0 dilihat
Pemprov Sultra Awasi Penyaluran Elpiji Subsidi saat Ramadan-Lebaran
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, La Ode Muh Fitrah Arsyad. Foto: Ist.

" Insya Allah kami pastikan kuota elpiji terpenuhi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perdagangan Sulawesi Tenggara terus mengawasi penyaluran elpiji subsidi atau gas dalam tabung 3 kg untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran 2021

"Kami pastikan penyalurannya tepat sasaran, pangkalan diharuskan memprioritaskan pelayanan pada penduduk sekitar, dan berdasarkan data yang sudah ditentukan," kata Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Tenggara, Siti Saleha.

Ia mengatakan, untuk kuota secara khusus pada momentum Ramadan dan Lebaran tidak ada jumlah tertentu. Meski demikian, pihaknya telah memastikan ketersediaan elpiji hingga Idul Fitri 2021 aman.

Ia mengatakan besaran kuota tersebut dengan asumsi penghitungan 3 tabung/keluarga miskin/bulan. Menurut dia, angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Insya Allah kami pastikan kuota elpiji terpenuhi,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Kadis Kominfo Dilapor Polisi, Gubernur Serahkan ke Aparat Hukum

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, La Ode Muh Fitrah Arsyad mengatakan, sesuai dengan peraturan pemerintah, untuk harga elpiji subsidi di tingkat pangkalan masih sebesar Rp.17.900/tabung.

“Artinya, jika ada elpiji yang dijual di atas harga tersebut bukan berasal dari pangkalan,” katanya.

Sementara itu, terlepas dari terjadinya peningkatan konsumsi elpiji subsidi, berdasarkan data Pertamina di akhir-akhir ini terjadi peningkatan penggunaan elpiji non subsidi bright gas di kalangan masyarakat.

“Dua minggu lagi kita laksanakan pasar murah, kita juga akan libatkan Pertamina untuk menyalurkan gas elpiji 3 kg di pasar murah yang akan dilakukan di halaman Kantor Disperindag,” jelas Muh Fitrah Arsyad.

Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan gas elpiji 3 kg dengan harga pangkalan, dengan jumlah 2 tabung per orang. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga