Pemudik Rela Menginap di Pelabuhan demi Lebaran di Kampung Halaman

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
Pemudik Rela Menginap di Pelabuhan demi Lebaran di Kampung Halaman
Pemudik rela mengantre berjam-jam hingga menginap di pelabuhan feri Torobulu demi bisa pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga Foto: Ist.

" Calon penumpang di pelabuhan Torobulo Kabupaten Konawe Selatan tujuan pelabuhan Tampo Kabupaten Muna, mulai tak terbendung "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemudik rela menunggu berjam-jam hingga menginap di pelabuhan feri Torobulu, agar bisa pulang kampung dan berlebaran bersama sanak saudara.

Sejak H-7 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, calon penumpang di pelabuhan Torobulo Kabupaten Konawe Selatan tujuan pelabuhan Tampo Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mulai tak terbendung. Kendaraan roda dua maupun roda empat memadati pelataran pelabuhan.

Para pemudik harus bersabar karena untuk mendapatkan giliran masuk ke dalam kapal, mereka harus berdesak-desakan dengan pemudik lain.

Salah seorang Warga Muna Barat, Marpis mengatakan meskipun penumpang sangat padat, namun mereka tak harus menunggu lama karena setiap kali keberangkatan, ada dua kapal feri yang mengangkut penumpang.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik, Pemilik Kendaraan Saling Serobot di Pelabuhan Torobulu

"Walaupun antrean banyak tapi tidak lama kami menunggu karena kapal feri yang beroperasi di pelabuhan Torobulu dua kapal satu kali berangkat," ujarnya pada Telisik.id, Selasa (18/4/2023).

Seorang mahasiswa yang akan mudik ke Kabupaten Muna Barat, Biklinton mengaku berangkat dari Kendari pukul 16.35 sore. Di pelabuhan Torobulu, dia harus mengantre cukup lama. Sekitar pukul 03.00 dini hari, dia baru bisa naik ke atas kapal feri.

Baca Juga: Jalur Mudik Kendari-Torobulu Diselimuti Kabut

Ia menyaksikan bagaimana padatnya pemudik dan beberapa dari mereka harus menginap di pelabuhan. Salah seorang pemudik asal Muna Barat La Ode Muhammad Akbar, menyaksikan banyak pemudik yang kelelahan dan harus menahan kantuk saat menunggu antrean untuk masuk ke kapal feri.

Namun rasa lelah itu terbayarkan ketika sudah tiba di kampung halaman dan berlebaran bersama sanak saudara.

"Kami jadikan ini sebagai rutinitas tahunan untuk pulang kampung. Selain rindu orang tua, juga ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara," katanya.(A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga