Pendaftar Maba di IAIN Kendari Diklaim Meningkat

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 24 Juli 2020
0 dilihat
Pendaftar Maba di IAIN Kendari Diklaim Meningkat
Proses ujian Maba di IAIN Kendari sebelum pandemi COVID-19. Foto: Ist.

" Calon mahasiswa ini akan melakukan test dari rumahnya masing-masing secara Online, adapun nilai dari mereka apakah lolos atau tidaknya itu tergantung dari Passing Grade dan yang kedua pertimbangannya di samping nilai itu juga akan dilihat nilai raportnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftar Mahasiswa baru (Maba) di perguruan tinggi Institut Agama Islam (IAIN) Kendari mengalami penigkatan di tahun 2020.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Husain Insawan menyampaikan, walaupun di situasi ketidak normalan saat ini, tidak mengurangi antusias mahasiswa untuk mendaftar di IAIN Kendari.

"Saat ini pendaftar calon Mahasiswa baru di IAIN Kendari sebanyak 1.296, mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1032 pendaftar," ungkapnya, Jumat (24/7/2020).

Penerimaan calon Maba sendiri melalui dengan tiga jalur yakni SPAN-PTKIN, UM, UML yang saat ini sementara berjalan.

"Untuk jalur pertama yaitu SPAN sudah berlangsung dan sudah ada pengumumannya, sekarang ini jalur UM sudah dilaksanakan pendaftaran dan akan diselenggarakan ujian atau seleksi yang akan berlangsung pada tanggal 3 sampai 6 Agustus 2020," tambahnya.

Baca juga: Tak Ada Sinyal Internet, Belajar di Pinggir Jalan

Adapun mekanismenya, Husain menuturkan seleksi tersebut akan dilakukan secara Online yang hanya menggunakan Computer Beset Test (CBT).

"Calon mahasiswa ini akan melakukan test dari rumahnya masing-masing secara Online, adapun nilai dari mereka apakah lolos atau tidaknya itu tergantung dari Passing Grade dan yang kedua pertimbangannya di samping nilai itu juga akan dilihat nilai raportnya," tuturnya.

Ia juga menjelaskan, panitia lokal yang berada di IAIN Kendari akan melakukan pengawasan pada calon mahasiswa yang bakal mengerjakan soal-soal diberikan panitia pusat.

"Kami panitia lokal hanya memfasilitasi untuk koordinasi dan melakukan pengawasan secara Online juga. Makanya calon mahasiswa yang akan seleksi diwajibkan memiliki Webcam yang bisa memantau mahasiswa dalam mengerjakan soal, lewat situlah kita akan pantau," pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga