Dukung Kurikulum Merdeka, Agrowisata California Hadirkan Eduwisata bagi Pelajar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 Desember 2023
0 dilihat
Dukung Kurikulum Merdeka, Agrowisata California Hadirkan Eduwisata bagi Pelajar
Sejumlah siswa melakukan pembelajaran lingkungan di Agrowisata California. Foto: Ist.

" Agrowisata California yang terletak di Desa Konda Cialam Jaya, Konawe Selatan, semakin menarik minat pengunjung dengan konsep eduwisata yang inovatif "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID – Di tengah keindahan alam dan keanekaragaman tanaman, Agrowisata California yang terletak di Desa Konda Cialam Jaya, Konawe Selatan, semakin menarik minat pengunjung dengan konsep eduwisata yang inovatif.

Dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang berharga, Agrowisata California yang berada di bawah PTM Syariah Group, kini menjadi destinasi edukatif yang diminati oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Program eduwisata di agrowisata ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang pembuatan tanaman, teknik menanam, pemupukan, pengendalian hama, dan sebagainya.

Owner Agrowisata California, Lamimin mengatakan, program eduwisata ini dilakukan mengacu pada pembelajaran Kurikulum Merdeka yang selaras antara pembelajaran teori dan praktek langsung di lapangan.

“Dengan pembelajaran langsung di agrowisata ini, peserta didik dapat melihat, mengamati, dan menganalisis kegiatan pembelajarannya, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis,” ujarnya.

Baca Juga: Kenalkan Siswa Kurikulum Merdeka saat MPLS

Kegiatan yang penuh pembelajaran, kata dia, tim eduwisata California menghadirkan beragam aktivitas menarik seperti berkuda, memanah, memancing, dan permainan klasik yang unik. Momen naik di atas Mampincara pun menjadi salah satu pengalaman seru yang tidak terlupakan bagi para peserta didik.

“Kami akan fokus pada pendekatan berbasis riset yang memungkinkan para pelajar untuk belajar dan berpraktik langsung di lapangan, di Agrowisata California. Sehingga dapat memberikan dampak positif pada masa depan generasi muda kita,” pungkasnya.

Manager Marketing PTM Syariah Group, Muhammad Ridwan mengungkapan, Sejak dibuka pada pertengahan tahun 2023 ini, sejumlah sekolah sudah melakukan pembelajaran eduwisata di Agrowisata California ini, mulai dari sekolah tingkat PAUD, TK, SD hingga tingkat kampus.

Baca Juga: SMAN 2 Kendari Maksimalkan Kurikulum Merdeka Belajar

“Jadi sudah banyak sekolah-sekolah yang melakukan pembelajaran lapangannya di tempat kami. Kami sudah punya konsep pembelajarannya, tinggal bagaimana kita terapkan konsep itu bersama sekolah,” katanya.

Salah satu orang tua siswa, Abu Fatih, mengaku senang anaknya bisa melakukan kunjungan di Agrowisata California bersama teman-temannya di sekolah RA Mutiara Islam. Baginya, kunjungan tersebut menjadi hal berharga bagi anaknya dalam proses pembelajaran.

“Iya, kami senang sekolah bisa mengajak siswa-siswanya untuk langsung melakukan pembelajaran di lapangan, yang salah satunya di Agrowisata California. Jadi mereka bisa belajar tentang alam dan tanaman yang ada di sana,” ujarnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga