Pendaftaran Banpres UMK Berkahir 10 November, Ayo Daftar

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Pendaftaran Banpres UMK Berkahir 10 November, Ayo Daftar
Para pelaku usaha mikro di Kendari sedang mendaftar untuk mendapatkan bantuan presiden program BPUM di Kantor Dinas Perdagangan Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Para pelaku usaha bisa mendaftar di link itu. Data terakhir kami terima 10 November 2020, khusus KTP Kota Kendari dan domisili usaha di Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK. ID - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari, masih membuka pendaftaran untuk mendapatkan bantuan presiden (Banpres) Produktif bagi pelaku Usaha Mikro (BPUM) khususnya di Kota Kendari, hingga tanggal 10 November 2020.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Muhammad Saiful mengaku, selain mendaftar langsung ke Kantor Dinas Perdagangan Kota Kendari, pelaku UKM juga bisa mendaftar secara daring melalui link https://bit.ly/formbanpresbpumkendari.

"Para pelaku usaha bisa mendaftar di link itu. Data terakhir kami terima 10 November 2020, khusus KTP Kota Kendari dan domisili usaha di Kota Kendari," katanya, Senin (2/11/2020).

Dia menambahkan, mereka tidak akan memproses berkas pelaku usaha yang melampirkan KTP dan usaha dari luar Kota Kendari.

Sebelum mengisi formulir di google form itu, mantan kadis Tatakota ini menyarankan pada para pelaku UKM, untuk menyediakan sejumlah berkas sesuai persyaratan agar lebih mudah mengisi formulir, yaitu Kartu Keluarga, KTP dan surat keterangan usaha dari kelurahan.

Program BPUM senilai Rp 2,4 juta diberikan pada pelaku UKM yang terdampak COVID-19 agar mereka bisa bertahan dan bangkit di masa pandemi ini.

Baca juga: Pemkot Kendari Mulai Gagas Kampung Terang

Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, meminta pelaku UKM yang belum mendaftar bisa melengkapi berkasnya dan segera mendaftarkan diri.

Meskipun jumlah bantuannya tidak besar, namun ia yakin bantuan itu bisa menjadi penyemangat bagi para pelaku UKM dalam bertahan di masa pandemi.

"Banyak pelaku usaha mikro yang terdampak dengan pandemi ini, tapi masih ada juga yang tetap bertahan, saya yakin dengan bantuan ini bisa menambah semangat mereka untuk mengembangkan usahanya," tuturnya.

Dia berharap, dengan bantuan ini bisa kembali menggerakkan dan membangkitkan para pelaku UKM untuk kembali bekerja guna mendorong pergerakan ekonomi masyarakat.

Data Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari menyebutkan, hingga pekan lalu sudah sebanyak 2.000 pelaku UKM di Kota Kendari yang mendaftar untuk mengikuti program BPUM.

Pada tahap pertama sekira 1.000 pelaku usaha yang diusulkan mendapatkan bantuan ini, kemudian tahap ke dua sekira 4.300 pelaku usaha juga diusulkan. Sedangkan tahap ketiga saat ini masih berlangsung hingga tanggal 10 November 2020. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga