Pengalihan Saham Pemkab Muna dari Bank Sultra Kewenangan Bupati

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 12 Januari 2021
0 dilihat
Pengalihan Saham Pemkab Muna dari Bank Sultra Kewenangan Bupati
Kantor Bank Sultra Cabang Raha. Foto: Sunaryo/Telisik

" Jalan satu-satunya, untuk menyelamatkan bank adalah dengan memecat oknum tersebut. "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Bupati Muna, LM Rusman Emba mengalihkan saham Pemkab dari Bank Sultra ke bank lain mendapat respon positif dari sejumlah kalangan.

Karena, bila itu tidak dilakukan, oknum Komisaris Bank Sultra berinisial RA yang terlibat politik praktis pada Pilkada 9 Desember lalu akan semakin 'besar kepala'. Apalagi, RA memiliki kedekatan dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Anggota DPRD Muna, La Ode Dyirun menilai, bahwa sah-sah saja bila bupati selaku pemegang saham mengalihkan ke bank lain. Apalagi, itu pernah terjadi ketika tunjangan sertifikasi guru dialihkan dari Bank Sultra ke BRI.

"Saya pikir tidak ada masalah, karena itu menjadi kewenangan penuh bupati," kata Diyrun, Selasa (12/1/2021).

Namun sebelum itu dilakukan, sebaiknya ada langkah-langkah dari pihak bank untuk mengkomunikasikan pada bupati. Pasalnya, jika tidak dilakukan, bank akan mengalami kerugian besar akibat ulah salah satu oknum komisaris.

"Jalan satu-satunya, untuk menyelamatkan bank adalah dengan memecat oknum tersebut," timpal politisi Golkar itu.

Baca juga: Ketua DPRD Sumut Angkat Bicara Soal Pengadaan Laptop di Tengah Pandemi

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Muna, Ali Sadikin mengaku, Pemkab telah memastikan akan mengalihkan sahamnya. Hal tersebut dikarenakan, pihak bank tidak punya itikad baik terhadap apa yang menjadi keluhan Pemkab.  

"Ini sebagai bahan pembelajaran," tegasnya.

Menurut Ali, Pemkab sudah tidak bisa mentolerir lagi apa yang dilakukan RA. Keterlibatannya di Pilkada Muna sangat jelas, bahkan sering mengeluarkan berita-berita hoax di media sosial (Medsos) di tengah memanasnya situasi.

Sementara itu, Kepala Bank Sultra Cabang Raha, Roni Jaya Lakebo yang dikonfirmasi enggan memberikan keterangan. Ia malah mempersilakan agar mengkonfirmasi ke bagian Coorporate Secretary Bank Sultra di Kendari.

"Nanti konfirmasinya ke Coorporate Secretary saja," singkatnya.

Sama halnya ketika Telisik.id mencoba mengkonfirmasi ke Wa Ode Nurhuma Kepala Bagian (Kabag) Coorporate Secretary, juga tidak ada jawaban. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga