Genjot PAD, Bapenda Konawe Lirik Pajak Sarang Burung Walet

Aris Syam, telisik indonesia
Sabtu, 12 Maret 2022
0 dilihat
Genjot PAD, Bapenda Konawe Lirik Pajak Sarang Burung Walet
Kepala Bapenda Konawe, Cici Ita Ristianty. Foto: Ist

" Badan Pendapatan Daerah mulai melirik usaha sarang burung walet sebagai salah satu potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah "

KONAWE,TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mulai melirik usaha sarang burung walet sebagai salah satu potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Bapenda Konawe, Cici Ita Ristianty mengatakan, pajak merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam penerimaan PAD di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra).

Terlebih lagi kata Cici, khusus Konawe target PAD TA 2022 sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dab Belanja Daerah (APBD) yakni sebesar Rp 102 miliar, dengan demikian untuk memenuhi target tersebut Pemkab Konawe harus mencari sektor pajak baru.

"Target PAD kita tahun ini Rp 102 miliar, agar bisa tercapai kami mencari sektor pajak baru, yakni penarikan pajak sarang burung walet," kata Cici Ita Ristianty, Sabtu (12/3/2022).

Cici mengakui, meskipun memiliki potensi yang besar untuk pemasukan PAD Konawe, namun untuk saat ini masih menjadi kendala dan penarikannya belum dapat terealisasi. Sehingga pihaknya belum memiliki dasar minimal dalam penarikan pajak tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi, Petani Konawe Diajak Maksimalkan Saluran Irigasi

"Yang menjadi kendala kita saat ini, karena para pengusaha burung walet di sini belum terbuka dengan hasil produksi sarang walet mereka," terangnya.

Kendati Demikian, Ketua BKMT Konawe itu akan terus berupaya agar realisasi pajak sarang burung walet itu dapat tercapai, dengan cara melakukan studi banding di beberapa daerah untuk mencari regulasi penarikan pajak tersebut.

"Kita agendakan studi banding di beberapa daerah seperti di Sulawesi Selatan dan Kalimantan yang merupakan pusat usaha burung sarang walet," katanya.

Baca Juga: Seleksi Sekda Busel Terus Berpolemik, La Ode Budi: Titipan Gubernur Sangat Aneh

Mantan Camat Sampara itu berpesan, agar masyarakat memiliki keharusan untuk patuh membayar pajak, termasuk pajak daerah. Karena pajak yang mereka bayar ini akan berdampak positif untuk mereka.

"Pajak ini untuk kemakmuran masyarakat juga, yang bisa dibelanjakan untuk peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur jalan," pungkasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga