Penyakit Penyerta Jadi Kendala Vaksinasi Lanjut Usia

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Penyakit Penyerta Jadi Kendala Vaksinasi Lanjut Usia
Vaksinasi lanjut usia, di gerai vaksin Dinkes Kota Kendari. foto: Umratul Khazanah/Telisik

" Persentase vaksinasi untuk Lansia (lanjut usia) Kota Kendari belum memenuhi target "

KENDARI, TELISIK.ID - Persentase vaksinasi untuk Lansia (lanjut usia) Kota Kendari belum memenuhi target. Untuk dosis pertama, baru mencapai 49.88%, sedangkan untuk dosis kedua hanya 33.72%.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum menerangkan, salah satu yang menjadi kendala tercapinya target vaksinasi Lansia, adalah komorbid atau penyakit penyerta. Penyakit komorbid adalah penyakit penyerta yang muncul secara bersamaan saat seseorang sedang sakit.

Penyakit komorbid cenderung bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan pada pasien ketika terinfeksi penyakit tertentu, sehingga menghambat penyembuhan.

Seperti halnya yang dialami oleh Mariati, warga Kota Kendari, yang tidak dapat disuntik vaksin karena hipertensi yang ia alami. "Belum bisa. Tekanan darah tinggi," ungkapnya, Jumat (7/1/2022).

Selain itu, kurangnya dukungan dan edukasi dari pihak keluarga juga salah satu faktor rendahnya persentase vaksinasi lansia.

Baca Juga: Dua Jembatan di Kolut Diresmikan, Permudah Akses Ekonomi Masyarakat

Masih banyak Lansia yang tidak ingin disuntik vaksin, karena merasa takut akan bahaya dan ketidak amanan dari dosis vaksin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk mencapai target vaksinasi Lansia, mulai dari sosialisasi terkait vaksin, hingga bagi-bagi sembako untuk Lansia yang ingin suntik vaksin.

Baca Juga: Air Keruh, PDAM Hentikan Distribusi Air ke Pelanggan

Selain itu, pihaknya akan terus berupaya untuk mencapai target vaksinasi Lansia di awal tahun 2022. (B)

Reporter: Umratul Khazanah

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga