Tekan Kenaikan Bahan Pokok, Wacana Subsidi Angkutan Jawa Timur Bergulir

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
Tekan Kenaikan Bahan Pokok, Wacana Subsidi Angkutan Jawa Timur Bergulir
Sekdaprov Jawa Timur, Adhi Karyono saat memberi keterangan soal wacana pemberian subsidi ongkos angkutan di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Subsidi ongkos angkut segera diberikan kepada pelaku usaha di Jawa Timur, terutama bagi penyedia bahan pokok sebagai antisipasi kenaikan bahan pokok saat kenaikan BBM di Indonesia "

SURABAYA, TELISIK.ID - Subsidi ongkos angkut segera diberikan kepada pelaku usaha di Jawa Timur, terutama bagi penyedia bahan pokok sebagai antisipasi kenaikan bahan pokok saat kenaikan BBM di Indonesia.

Sekdaprov Jawa Timur, Adhi Karyono mengatakan, sekarang ini masih dilakukan pembahasan mana yang akuntabel dan efektif sebagai bantalan sosial bagi kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur.

"Ada kebijakan 2 persen dari dana transfer, di mana untuk totalnya kisaran Rp 42 miliar. Itu untuk semuanya," jelas mantan pejabat Kemensos RI ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (8/9/2022).

Adhi Karyono mengatakan, banyak skema-skema interfensi sebagaimana menekan inflasi sebagai dampak kenaikan BBM untuk Jawa Timur.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Azwar Anas Jadi Menpan RB

Baca Juga: Percuma BLT Pak Jokowi, Banyak yang Tak Tepat Sasaran

"Mulai dari bansos-bansos, operasi pasar semua upaya dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur untuk mengendalikan inflasi. Termasuk subsidi ongkos angkut," jelasnya.

Sedangkan Kepala Bappeda Jawa Timur, Mohammad Yasin mengaku, kalau subsidi ongkos angkut sudah di anggarkan di APBD Jawa Timur di pos Dinas Perhubungan Jawa Timur.

"Sementara itu dialokasikan semuanya termasuk subsidi ongkos angkut sekitar Rp 24 miliar, termasuk untuk angkutan penumpang," jelasnya.

Sementara itu, ketua Fraksi PKS, PBB dan Partai Hanura Jawa Timur, Hari Dwi Cahyono mengatakan, pihaknya mendukung penuh semua kebijakan yang pro rakyat termasuk memberikan subsidi ongkos angkut bagi pelaku usaha khususnya di sektor pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

"Silahkan saja berinovasi dengan membuat kebijakan asal untuk kepentingan rakyat. Kami mendukung penuh, terlebih sekarang ini sedang PAK sehingga sudah saatnya dianggarkan subsidi ongkos angkut untuk kesejahteraan rakyat di Jawa Timur," ujar pria asal Malang ini. (B)

 

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga