Debat Keempat Pilpres 2024 KPU Batasi Pengawal Capres-Cawapres, TKN Pastikan Gibran Bikin Kejutan Baru

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Debat Keempat Pilpres 2024 KPU Batasi Pengawal Capres-Cawapres, TKN Pastikan Gibran Bikin Kejutan Baru
Komisioner KPU RI, August Mellaz, menjelaskan persiapan debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa (16/1/2024). Foto: Mustaqim/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membatasi pengawal pribadi pasangan calon presiden-wakil presiden pada debat keempat kampanye Pilpres 2024 yang dijadwalkan Minggu (21/1/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membatasi pengawal pribadi pasangan calon presiden-wakil presiden pada debat keempat kampanye Pilpres 2024 yang dijadwalkan Minggu (21/1/2024). Lokasi debat keempat direncanakan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain membatasi pengawal pribadi pasangan capres-cawapres, KPU juga akan menggunakan handy talky untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi demi menjaga ketertiban jalannya debat.

Komisioner KPU RI, August Mellaz, menjelaskan bahwa pembatasan pengawal pribadi masing-masing pasangan capres-cawapres sebagai hasil evaluasi dari debat ketiga. Saat debat ketiga pada Minggu (7/1/2024) pekan lalu di Istora Senayan, Jakarta, KPU menemukan pengawal pribadi pasangan calon berkumpul hingga ke tribun penonton.

“Saya lihat di tribun kok banyak orang, saya panggil komandan pengawalan KPU, kenapa itu terjadi? Makanya (komandan pengawaln KPU) datang menghadap saya bersama wakilnya dan juga pihak kepolisian, memang situasinya demikian,” tutur August di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

August berharap kejadian ini tidak terulang pada debat keempat. Dia mengatakan, sebelumnya sudah diinformasikan bahwa tidak boleh pengawal pribadi paslon bergabung ke tribun penonton. Meski demikian, mereka akhirnya tetap dibolehkan.  

“Saya sampaikan gak usah dikeluarkan tapi dipastikan bahwa mereka tidak ikut teriak-teriak',” ujar August.

Pembenahan di debat keempat juga dilakukan KPU dengan membekali handy talky (HT) bagi setiap petugas penghubung atau liaison officer (LO) dari pasangan capres-cawapres. HT ini akan dipercayakan kepada LO yang memiliki akses penuh, tim KPU RI, dan stasiun televisi pemegang hak siar debat.  

“Nanti yang pegang (HT) itu masing-masing tim pasangan calon kan ada dua 'LO' yang kita anggap super 'LO' yang full access, itu yang akan pegang. Jadi, enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan tentu dari media penyelenggara sehingga nanti secara realtime kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi,” jelas August.

Baca Juga: Pengaruh Elektabilitas Debat Ketiga Capres 2024 hingga Jadi Sorotan Media Asing

Menurut August, LO yang diberi kewenangan punya akses penuh akan ditempatkan di dekat anggota KPU RI agar bisa bersama-sama melakukan komunikasi dan koordinasi. Kecuali berkomunikasi dengan pasangan calon, panelis, dan moderator selama debat berlangsung.

Sebelumnya, saat debat kedua kampanye Pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres, JCC juga digunakan oleh KPU. Kali ini di debat keempat kembali dipilih sebagai lokasi debat keempat. Pemilihan JCC, menurut August, karena ketersediaan venue dan juga kesepakatan bersama tiga tim pasangan capres-cawapres.

Menghadapi debat keempat, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran optimis cawapres yang diusungnya, Gibran Rakabuming Raka, akan kembali membuat kejutan dan menghapus keraguan publik sebagai calon yang dilahirkan prematur lewat pelanggaran konstitusi.

Komandan TKN Echo Hukum dan Advokasi Prabowo-Gibran, Hinca Pandjaitan, meyakini kemampuan debat putra sulung Presiden Jokowi yang dianggapnya sebagai the new rising star (bintang baru yang sedang bersinar).

“Dulu ngomongin Mas Gibran mau main (debat) kan semua underestimate (meremehkan, red). Tapi ternyata dia the new rising star di panggung politik nasional,” ujar Hinca kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Hinca optimis Gibran akan tetap bersinar dengan berbagai kejutan di debat kedua cawapres seperti yang dilakukannya di debat pertama.  

“Sekali dia tampil begitu, tentu akan tampil lebih baik lagi. Mungkin akan ada lagi surprise-surprise (kejutan-kejutan, red) baru yang akan dilakukan yang memberi energi baru kepada anak muda,” tandas kader Partai Demokrat ini.

Persiapan debat kedua cawapres juga terus dilakukan oleh Mahfud MD, cawapres nomor urut 3 yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa Mahfud sudah sangat siap menghadapi debat pada Minggu (21/1/2024).

Baca Juga: KPU Sebut Tak Berwenang Nilai Debat, Imparsial Tuding Jokowi Kian Buktikan Keberpihakan ke Prabowo-Gibran

Kesiapan Mahfud, menurut Hasto, dibuktikan dengan turun langsung menemui masyarakat dan menyerap sebanyak mungkin masalah yang dihadapi.  

“Tema ke depan menempatkan daya unggul Prof Mahfud. Tentu saja Prof Mahfud mempersiapkan debat dengan turun ke bawah melihat problematika konkrit yang dihadapi rakyat sehingga gagasannya akan membumi,” kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Hasto juga optimis Mahfud akan lebih unggul di debat nanti. Dia beralasan karena tema dan sub tema debat dengan beragam persoalan yang akan didebatkan menyangkut pengetahuan hukum sebagai bidang yang dikuasai Mahfud.  

“Jadi hukum itu menyentuh seluruh nafas kehidupan kita. Ketika hukum dilanggar kemudian tidak ada budaya tertib hukum yang seharusnya menegakkan hukum, sibuk urusan lain, maka hukum sangat diperlukan,” kilah Hasto.

Tema debat keempat kampanye Pilpres 2024 atau debat kedua bagi cawapres adalah energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga