Penggunaan Alat Swab Test di RS Bahteramas Tunggu Reagen Tiba

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 09 Mei 2020
0 dilihat
Penggunaan Alat Swab Test di RS Bahteramas Tunggu Reagen Tiba
Pengambilan sampel swab tenggorokan untuk menguji penularan COVID-19. Foto: Repro Beritabeta.com

" Saya tidak bisa pastikan, tapi Informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Sultra, masih dalam proses pengiriman ke Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Penggunaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR), di RS Bahteramas, belum dapat dipastikan kapan mulai digunakan.

Pasalnya, alat untuk memeriksa spesimen swab tenggorokan pasien terduga terinfeksi COVID-19 tersebut, masih menunggu reagen untuk keperluan tes sampel COVID-19.

Untuk diketahui reagen yang dimaksud adalah cairan yang digunakan untuk mengetahui reaksi kimia dalam mendeteksi infeksi COVID-19 dengan menggunakan metode PCR.

Plt. Dirut RS Bahteramas, dr. Hasmuddin mengatakan pengadaan reagen dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), namun ditempatkan di RS Bahteramas.

Baca juga: Batuk, Gejala Paling Sering Timbul dari Kasus Positif COVID-19

"Saya tidak bisa pastikan, tapi Informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Sultra, masih dalam proses pengiriman ke Kendari," terang dr. Hasmuddin, Sabtu (9/5/2020).

Setelah reagen tiba, tim dokter COVID-19 tidak perlu lagi melakukan uji swab sampel tenggorok pasien di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kota Makassar.

"Setelah tiba, tes swab sudah dapat dilakukan, bahkan bisa dalam jumlah sampel yang cukup banyak dan kita lebih cepat mengetahui hasilnya, apakah seorang pasien positif atau tidak," tambahnya.

Diketahui, alat PCR yang ditempatkan di RS Bahteramas merupakan bantuan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk membantu pemeriksaan COVID-19.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga