Pensiunan Polisi Minta Damai dengan Keluarga Mahasiswa UI yang Tewas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 04 Februari 2023
0 dilihat
Pensiunan Polisi Minta Damai dengan Keluarga Mahasiswa UI yang Tewas
Rekonstruksi dimulai dari mobil Pajero milik ESBW melaju dari arah Utara ke Selatan dengan kecepatan 30 kilometer per jam di Jalan Srengseng Sawah. Dari arah berlawanan kemudian diperagakan terdapat seorang pengendara yang ingin berbelok ke kanan menggunakan sepeda motor NMax. Foto: Repro Pikiranrak

" Menurut pengacara keluarga Hasya, Gita Paulina, mereka perlu waktu memikirkan keinginan Eko untuk berdamai "

JAKARTA, TELISIK.ID - Permasalahan pensiunan polisi yang menabrak mahasiswa UI, M Hasya Atallah Syahputra hingga tewas, masih berbuntut panjang. Belum lama ini pihak keluarga bahkan buka suara usai pihak dari purnawirawan polisi AKBP Eko Setio Budi Wahono meminta jalan damai.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, menurut pengacara keluarga Hasya, Gita Paulina, mereka perlu waktu memikirkan keinginan Eko tersebut. Gita juga mengungkapkan, saat ini keluarga Hasya memiliki hal lain yang menjadi fokus.

"Mengenai penyesalan, secara kekeluargaan tentunya perlu waktu untuk keluarga memikirkannya. Mengingat banyak kejanggalan-kejanggalan dalam penanganan kasus ini sejak awal," kata Gita.

Melansir Detik.com, sebelumnya, kuasa hukum AKBP (Purn) Eko Setio BW, Kitson Sianturi, menyebut kecelakaan yang menewaskan Hasya Atallah adalah musibah yang tidak bisa dihindari. Kitson menuturkan, kliennya pun tak menginginkan ini terjadi.

Baca Juga: Ini Kronologis Lengkap Mahasiswa UI Tewas Ditabrak dan Ditetapkan Tersangka

"Buktinya pengendara roda empat ini hadir, harusnya keluarga (Hasya) juga hadir. Yang dia inginkan kan hal itu transparan terbuka. Makanya instruksi Kapolda dilakukan rekonstruksi ulang," jelasnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan Hasya, Kamis lalu. Rekonstruksi melibatkan sejumlah pihak, mulai dari Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri, pakar transportasi, hingga pakar hukum pidana.

Baca Juga: Tewas Dilindas Pajero Pensiunan Polisi, Ini Alasan Mahasiswa UI Dijadikan Tersangka

Eko hadir dalam gelaran ulang kasus kecelakaan itu, tetapi keluarga Hasya maupun pengacara absen. Polisi sebelumnya menetapkan Hasya sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan itu.

Mahasiswa tersebut dianggap lalai berkendara hingga menyebabkan dirinya meninggal. Penetapan itu pun menuai respons dari berbagai pihak, termasuk dari mahasiswa UI. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga