Penurunan Angka Stunting Masih Fokus Utama Pemda Buton Tengah

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 27 Oktober 2022
0 dilihat
Penurunan Angka Stunting Masih Fokus Utama Pemda Buton Tengah
Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kasman, Kepala BKKBN Abidin, saat mengecek pemberian gizi pada ibu hamil. Foto: Mutarfin/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Buton Tengah masih terus mengupayakan menurunkan angka stunting dan juga proses pencegahannya "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah masih terus mengupayakan menurunkan angka stunting dan juga proses pencegahannya.

Kepela Dinas Kesehatan, Kasman menerangkan, saat ini pemerintah Buton Tengah memfokuskan pada penanganan stunting mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa.

"Untuk penanganan stunting kita sudah sampai pertemuan ke tingkat desa-desa, hal ini sesuai arahan pimpinan dengan melibatkan beberapa dinas terkait," ungkapnya, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Dugaan Pengadaan Fiktif Dilapor di Kejari, Ini Tanggapan Dinkes Muna

Selain itu, saat ini pihaknya prioritaskan pengecekan kesehatan, pemberian gizi ibu hamil, sebab apabaila gizinya kurang bagus akan berpotensi melahirkan bayi stunting.

"Saya juga sering menghimbau pada tenaga kesehatan agar transparan terkait penyebaran stunting," ucapnya.

Kadis kesehatan ini juga menyampaikan, kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan posyandu di desa, karena bisa dipantau langsung kapan gizinya turun dan bagus.

Baca Juga: Ratusan Warga Demo, Resah Diteror Preman dan Aktivitas Galian C Diduga Ilegal

Selain itu Kepala BKKBN, Abidin menerangkan, pihaknya program Tribina, terdiri dari bina keluarga balita, remaja dan usia dewasa.

Katanya, sejak dari usia balita sudah melakukan kontrol kehatan. Setelah beranjak usia remaja ada pusat konseling remaja untuk diberikan edukasi.

"Setelah di usia dewasa, tetap kita berikan pendampingan bagaimana dalam proses pernikahan sampai menghasilkan generasi yang bebas dari stunting," paparnya. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga