Penyaluran Sembako di Kota Kendari Tidak Merata

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 13 Mei 2020
0 dilihat
Penyaluran Sembako di Kota Kendari Tidak Merata
Sembako yang akan disalurkan ke masyarakat terdampak COVID-19. Foto: Musdar/Telisik

" Saya ditelfon banyak masyarakat seperti di Baruga. Saya kasih tau bahwa ternyata kota masih menggunakan data lama, belum menggunakan data baru. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendistribusian bantuan sosial sembako dampak COVID-19 oleh Pemerintah Kota Kendari belum tersalur secara merata.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajak Jinik setelah banyaknya laporan yang masuk dari masyarakat terdampak COVID-19 yang tidak mendapatkan bantuan sembako.

“Saya ditelfon banyak masyarakat seperti di Baruga. Saya kasih tau bahwa ternyata kota masih menggunakan data lama, belum menggunakan data baru,” terang Rajab, Rabu (13/5/2020).

Bahkan pada pembagian pertama banyak masyarakat yang juga tidak menerima, sehingga ada masyarakat menyurat ke DPRD.

Baca juga: Enam Warga Wakatobi Dinyatakan Positif COVID-19

“Kan ini rancu, mestinya kota sering mengupadate jumlah masyarakat yang harus mendapatkan sembako,” tambahnya.

Karena banyaknya aduan dari masyarakat, DPRD meminta data penerima sembako harus dievaluasi agar tak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan tidak menerima bantuan.

Politisi Golkar mengungkapkan bahwa, DPRD sebelumnya telah mengeluarkan 47 kriteria penerima bantuan dampak COVID-19, dan seharusnya data tersebut menjadi rujukan oleh Pemerintah Kota.

Baca juga: Bertahap, Jokowi Naikan Iuran BPJS Kesehatan

Tambah Rajab, jika hanya menggunakan data 21 ribu warga miskin, maka nantinya akan menjadi kekacauan karena tidak mencover semua masyarakat yang terdampak.

“Karyawan yang dirumahkan, wartawan, mahasiswa dan sebagainya,” tegas Rajab.

Dia menambahkan, pembagian sembako oleh Pemerintah Kota dalam rangka HUT Kota masih menyasar masyarakat yang sebelumnya sudah mendapatkan bantuan.

“Makanya sembako itu benturan, kita juga disorot,” cetus rajab.

Reporter: Musdar

Editor: Sumarlin

Baca Juga