Percepatan Pembangunan, Pemda Buton Utara Gandeng UHO

La Ode Aliarham, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Percepatan Pembangunan, Pemda Buton Utara Gandeng UHO
Bupati Buton Utara Muhammad Ridwan Zakaria bersama Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu menandatangani MoU di Auditorium Mokodompit UHO, Rabu (1/2/2023). Foto: Ist.

" Penandatanganan MoU bertujuan untuk memfasilitasi sumber daya manusia (SDM) di Buton Utara, sehingga dapat menjadi lebih unggul dan berdaya saing "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Utara bersama Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sepakat menjalin kerja sama demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di jajaran Pemerintah Kabupaten Buton Utara.

Kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani di gedung Auditorium Universitas Halu Oleo, Rabu (1/2/2023).

Dalam acara penandatanganan MoU tersebut, Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria didampingi oleh Plt Kepala Bappeda Zainal Arifin. Adapun dari pihak UHO ditandatangani oleh Rektor Muhammad Zamrun Firihu.

Penandatanganan MoU bertujuan untuk memfasilitasi sumber daya manusia (SDM) di Buton Utara, sehingga dapat menjadi lebih unggul dan berdaya saing.

Ruang lingkup kerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan dan perencanaan pembangunan dalam berbagai bidang serta kegiatan lain yang disepakati kedua pihak.

Baca Juga: Politeknik Tridaya Virtue Morosi Siap Cetak SDM Unggul

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengungkapkan, pihaknya bersama segenap civitas akademika UHO siap melakukan pendampingan di Kabupaten Buton Utara.

"Secara kelembagaan, UHO akan berusaha mendampingi semuanya dalam segala sektor untuk menyukseskan pembangunan di Buton Utara," ujar Muhammad Zamrun.

Bupati Buton Utara, Ridwan Zakaria mengatakan, pihaknya menggandeng civitas akademika UHO dalam rangka rencana pembangunan daerah.

"Membangun itu sekarang tidak bisa hanya diandalkan dengan pengalaman, tapi juga harus dengan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kita melakukan kerja sama dengan pihak UHO," ungkap Ridwan Zakaria.

Baca Juga: Muna Barat Jadi Inspirasi Kabupaten Kota di Indonesia dalam Jaminan Sosial

Plt Kepala Bappeda Buton Utara, Zainal Arifin menambahkan, MoU tersebut juga bagian dari pengelolaan sumber daya alam (SDA) dalam percepatan pembangunan Kabupaten Buton Utara.

"Selain peningkatan kualitas SDM, juga pendampingan pengelolaan SDA dalam percepatan pembangunan Kabupaten Buton Utara," ujarnya.

MoU tersebut berlaku selama lima tahun dengan pembiayaan kegiatan dibebankan kepada kedua belah pihak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. (A-Adv)

Penulis: La Ode Aliarham

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga