Perkara Uang Muka, Balita Diduga Gagal Ginjal Terlantar Belasan Jam di RS Tiara Sentosa

Pangga Rahmad, telisik indonesia
Kamis, 27 Oktober 2022
0 dilihat
Perkara Uang Muka, Balita Diduga Gagal Ginjal Terlantar Belasan Jam di RS Tiara Sentosa
RS Tiara Sentosa, Kendari, Sulawesi Tenggara, diduga menelantarkan pasien balita yang mengidap gagal ginjal hingga belasan jam. Foto: Pangga Rahmad/Telisik

" Balita yang diduga mengidap gagal ginjal ditelantarkan belasan jam oleh Rumah Sakit (RS) Tiara Sentosa, Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Balita yang diduga mengidap gagal ginjal ditelantarkan belasan jam oleh Rumah Sakit (RS) Tiara Sentosa, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Duduk perkaranya bermula pada Senin malam, 24 Oktober 2022, ketika keluarga pasien balita menuju RS Tiara Sentosa untuk mendapat perawatan. Namun, hingga belasan jam, tak ada pelayanan medis yang diberikan.

Nenek pasien balita, Risna mengatakan, pelayanan medis akhirnya diberikan, itu pun setelah belasan jam menunggu.

"Dikasih infus, tapi tidak bisa masuk. Jadi saya bilang, janganmi dulu infus, kasian itu tidak tembus-tembus," kata Risna, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Beberapa Apotek di Kendari Masih Jual Obat Sirup

Setelah beberapa waktu, karena kondisi pasien balita yang tampak kian lemas, Risna memutuskan untuk membawa ke ruang Very Important Person (VIP).

Namun, pihak RS justru meminta keluarga pasien balita untuk membayar Rp 1.500.000 sebagai uang muka.

Belum selesai, ketika keluarga pasien balita menyanggupi pembayaran tersebut, seakan tak percaya, pihak RS kembali menegaskan agar pembayaran tersebut segera dilunasi.

"Petugasnya bilang, 'Bagaimana, bu?', terus saya bilang, nanti dikirim (pembayaran via rekening)," beber Risna.

Terpisah, Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Mastri Susilo, amat menyayangkan sikap RS Tiara Sentosa atas kejadian ini.

Baca Juga: Jadwal Audit dan Asesmen Pejabat Pemkot Kendari Tunggu SK Pansel

Mastri mengatakan, pelayanan medis adalah yang utama. Kemanusiaan mesti mendahului semuanya.

"Perkara uang, itu bisa menyusul," katanya.

Mastri juga menegaskan, dalam dekat ini ORI Sulawesi Tenggara akan mendatangi RS Tiara Sentosa untuk melakukan pengecekan terkait manajemen pelayanan medis.

Sementara, hingga berita ini dimuat, Telisik.id telah berupaya mengkonfirmasi pihak Direktur RS Tiara Sentosa. Namun, tak jua ada tanggapan. (B)

Penulis: Pangga Rahmad

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga