Perkuat Pengetahuan Daerah, Dikbud Konawe Wajibkan Pelajaran Mulok di Sekolah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
Perkuat Pengetahuan Daerah, Dikbud Konawe Wajibkan Pelajaran Mulok di Sekolah
Kepala Dikbud Konawe, Suryadi, akan memberlakukan pelajaran muatan lokal di seluruh sekolah Lingkup Konawe. Foto : Ist.

" Menurunnya pengetahuan tentang kebudayaan daerah, membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe akan mengadakan mata pelajaran muatan lokal (Mulok) di setiap sekolah, tahun 2023 mendatang "

KONAWE, TELISIK.ID - Menurunnya pengetahuan tentang kebudayaan daerah, membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe akan mengadakan mata pelajaran muatan lokal (Mulok) di setiap sekolah, tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Konawe, Suryadi mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) akan kembali menerapkan mata pelajaran Mulok agar generasi muda dapat lebih mengenal, memahami dan bahkan bisa melakukan instrumen kebudayaan.

Lebih lanjut, pihaknya juga telah bekerjasama dengan salah satu penerbit buku kebudayaan lokal, dalam hal ini Kebudayaan Suku Tolaki untuk menyusun dan membuat buku Mulok.

Baca Juga: Pemkab Muna Barat Beri Dana Hibah pada Program Keagamaan

"Kita akan lebih secara substansi materinya itu betul-betul bersentuhan dengan kearifan lokal kita," ujarnya.

Hal tersebut dilakukan Dikbud Konawe mengingat, saat ini pengetahuan generasi muda terkait adat budaya lokal Tolaki di Konawe mulai redup.

Dirinya juga berharap, dengan adanya mata pelajaran Mulok, seluruh siswa dapat lebih memahami penggunaan bahasa Tolaki.

"Insya Allah tahun 2023 kita akan mulai," tandasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Terima Kunjungan Aslat KASAD TNI di Puncak Monapa

Terpisah, salah satu guru di SDN 1 Unahaa menuturkan, penanaman nilai-nilai adat daerah khususnya adat Tolaki memang harus ditanamkan sejak dini.

"Saya setuju dengan adanya Mapel Mulok, soalnya banyak mi saya liat juga adat yang agak menyimpang dari yang seharusnya," tambahnya.

Ia juga berharap agar penambahan mata pelajaran Mulok ini dapat segera disosialisasikan di seluruh sekolah lingkup Konawe. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga