Pj Bupati Kolaka Utara Terima Kunjungan Aslat KASAD TNI di Puncak Monapa

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Terima Kunjungan Aslat KASAD TNI di Puncak Monapa
Aslat KASAD TNI, Mayor Jendral TNI, Tri Winarno, S.I.P., M.Si Han disambut Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si ketika berkunjung di Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, bersama Forkopimda menerima langsung kunjungan kerja Asisten Latihan (Aslat) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dari Mabes TNI di Desa Puncak Monapa-Totallang, Kecamatan Lasusua "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, bersama Forkopimda menerima langsung kunjungan kerja Asisten Latihan (Aslat) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dari Mabes TNI di Desa Puncak Monapa-Totallang, Kecamatan Lasusua.  

Kunjungan kerja Aslat KASAD, Mayor Jenderal TNI Tri Winarno, S.I.P., M.Si Han di wilayah Kodim 1412 Kolaka tersebut untuk melihat langsung progres pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-115 yang dipusatkan di Desa Puncak Monapa.

Mayjend TNI Tri Winarno yang juga Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-115 di Kolaka Utara mengungkapkan, kehadiran dirinya di Kolaka Utara untuk melihat secara langsung progres TMMD, baik secara fisik maupun non fisik.

"Saat ini progres pembangunan infrastruktur jalan tani atau rabat beton di Desa Puncak Monapa sepanjang 1,5 kilo meter sudah mencapai 90 persen," terangnya, Senin (24/10/2022).

Lebih lanjut jenderal bintang dua ini menuturkan, tujuan TMMD untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, membantu kesusahan masyarakat dan memperkuat serta mempererat kemanunggalan TNI.

Baca Juga: 27 Bacakades Ajukan Gugatan di Desk Pilkades

"Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD, melalui mekanisme bottom up dilaksanakan secara komprehensif dan integral melibatkan semua unsur terkait," jelasnya.

Mayjend TNI Tri Winarno bersama Pj Bupati, forkopimda, Kadis PUPR, Kadis Infokom Kolaka Utara dan petinggi TNI lainnya menyusuri jalan setapak yang telah dirabat oleh TNI-Polri bersama masyarakat dalam kegiatan TMMD ke-115 di Desa Puncak Monapa. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Dia berharap, program-program yang telah dilaksanakan TMMD, khususnya pembangunan infrastruktur jalan rabat beton dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat terutama bagi para petani cengkeh, sehingga proses distribusi hasil pertanian ke pedagang berlangsung dengan mudah.

"Semoga tahun-tahun mendatang Pemerintah Daerah Kolaka Utara dapat memprogramkan kegiatan perbaikan akses jalan serupa, sehingga putaran ekonomi masyarakat lancar dan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," pintanya.

Aslat KASAD juga berpesan kepada anggota TNI, senantiasa memupuk semangat kebersamaan kegotongroyongan kemanunggalan TNI rakyat agar kegiatan TMMD berjalan dengan aman dan meningkatkan kepedulian untuk merawat hasil TMMD.

"Kita berharap pembangunan fisik dan non fisik dapat mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat ke arah yang maju, tumbuh, sejahtera dan mandiri serta dapat meningkatkan wawasan kebangsaan cinta tanah air, jiwa patriotisme, kesadaran bela negara," tukasnya.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah, khususnya Bupati Kolaka Utara dan jajarannya atas dukungan dan kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan TMMD ke-115 yang sedang berlangsung.

Tempat sama, Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi menyatakan, program TMMD adalah program yang sangat luar biasa, betul-betul membantu dan sangat berpihak kepada masyarakat.

TNI-Polri bersama masyarakat saat pengerjaan rabat jalan sasaran TMMD di Desa Puncak Monapa. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

"Kegiatan ini biayanya kecil, namun manfaatnya besar sekali bagi masyarakat. Untuk itu, kedepannya kami bersama Forkopimda, khususnya Dandim dan Kapolres akan mengagas program surapa yang dikemas dalam konsep lain dengan tetap melibatkan TNI-Polri," ujarnya.

Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini berharap, kehadiran Mayor Jendral TNI Tri Winarno di Bumi Patowonua dapat menjadi berkah buat masyarakat desa tempat sasaran TMMD kali ini.

"Semoga kehadiran Pak jenderal dapat membawa berkah bagi masyarakat tempat sasaran TMMD dan kedepannya program serupa dapat terwujud lagi," harapnya.

Ketua tim percepatan investasi Sulawesi Tenggara ini sangat mengapresiasi manfaat program TMMD bagi masyarakat Kolaka Utara, khususnya Desa Puncak Monapa.

"Program TMMD yakni rabat jalan, pembuatan dekker, pembenahan fasilitas ibadah dan program non fisik lainnya yang  dikomandoi Kodim 1412 Kolaka ini pak Jendral sangat bermanfaat bagi masyarakat kami," bebernya.

Ini membuktikan, lanjutnya, betapa besarnya komitmen Dandim beserta jajarannya dan TNI-Polri pada umumnya dalam rangka memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah Kolaka Utara sebagai upaya rangkaian percepatan penyelenggaraan pemerintahan baik itu sosial kemasyarakatan maupun pembangunan.

Baca Juga: Hindari Perpecahan saat Pilkades, Pemda Konawe Gelar Deklarasi Damai

"Ini berdampak positif bagi pemerintah daerah Kolaka Utara, semoga saja kegiatan serupa dapat didesain sedemikian rupa sehingga kedepan kegiatan seperti ini dapat tetap berlanjut," harapnya.

Sementara itu, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Paruhum Siregar menyampaikan, sasaran fisik TMMD ke-115 di Kolaka Utara, yakni rabat jalan sepanjang 1,5 kilo meter, rehab masjid, pembuatan dekker.

Tambahan kegiatan, pembangunan kampung Pancasila, Program ketahanan Pangan (polibag) dalam rangka mencegah inflasi, pembuatan MCK umum dan pembenahan jalan.

"Sasaran non fisik, yakni program kesehatan, sosialisasi hukum, Narkoba, Wasbang, pertanian, dan sosialisasi bermedia sosial," urainya. (A-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga